18 contoh masalah sosial 2017

18 contoh masalah sosial 2017- Kita dalam menjalani hidup ini pasti pernah mengalami kendala atau masalah di lingkungan masyarakat, masalah sering muncul dimasrakat adalah seperti pengangguran, kemiskinan, pendidikan yang masih rendah dan banyak sebagainya. Oleh karena berbagai masalah tersebut, penulis akan menjelaskan mengenai pengertian masalah sosial, faktor dan contoh
contoh masalah sosial
contoh masalah sosial

Masalah sosial ialah suatu keadaan kurang baik  atau tidak sesuai dengan harapan yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat, sedangkan masalah sosial sering juga diartikan dengan menyimpangnya unsur-unsur didalam leingkungan masyarakat yang dapat mengakibatkan efek negatif pada masyarakat.

Setelah membahas pengertian masalah sosial dibawah ini selanjutnya adalah contoh masalah sosial

contoh masalah sosial

  1. Contoh masalah sosial yang pertama Kemiskinan. kemiskinan merupakan suatu kondisi yang terjadi pada individu maupun kelompok dalam masyarakat dimana individu atau kelompok tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok (dasar) dalam menjalanikehidupan, seperti papan,sandang, pangan. karena adanya kemiskinan ini banyak masyarakt desa yang pergi kekota untuk mengadu nasib namun karena banyaknya urbanisasi justru menyebabkan kemiskinan dikota.
  2. Contoh masalah sosial yang kedua Penganggguran. Era globalisasi saat ini menyebabkan jumblah pengangguran yang meningkat dikarenakan oleh semakin meningkatnya jumlah penduduk disuatu daerah tetapi lapangan pekerjaan yang terbatas jumlahnya sehingga terjadi ketimpangan. Masalah ini sudah menjadi momok bagi negara-negara yang tergolong negara berkembang, oleh sebab itu pemerintah harus dapat menciptakan lapangan pekerjaan sebesar besarnya untuk mengatasi masalah sosial ini, pahami telebih dahulu pengertian masalah sosial
  3. Contoh masalah sosial ketiga Contoh Pendidikan. Kurangnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan merupakan masalah yang meyababkan masyarakat disuatu daerah tidak akan maju, banyaknya orang tua yang termasuk golongan menengah kebawah tidak mampu menyekolahkan anaknya sampai level yang lebih tinggi menyababkab anak-anak lebih memilih membatu orang tuanya bekerja.
  4. contoh masalah sosial ke empat Pertumbuhan penduduk yang tinggi. Pertambahan penduduk dapat menjadi penghambat dalam pembangunan, terutama jika pertambahannya tidak dapat dikontrol secara efektif. Pertambahan penduduk tidak hanya dirasakan oleh masyarakat pada daerah-daerah tertentu, tetapi dirasakan oleh semua masyarakat dalam satu negara. Akibat pertambahan penduduk akan mempengaruhi kondisi yang serba tidak merata tentang sumber-sumber penghidupan masyarakat yang semakin terbatas. Di Indonesia telah melakukan usaha dalam rangka pengaturan pertambahan penduduk yaitu dengan slogan dua anak cukup melalui program keluarga berencana. Pertumbuhan penduduk yang tinggi merupakan salah satuciri-ciri negara berkembang penyebabnya adalah jumlah angka kelahiran yang sangat tinggi dibandingkan dengan jumlah angka kematian. Hal ini dapat diatasi dengan cara melakukan penyuluhan pentingnya program keluarga berencana yang dilakukan pemerintah.
  5. contoh masalah sosial kelima Tindak kejahatan. Tindak kejahatan muncul karena beberapa faktor yang menyebabkan itu terjadi, bisa disebabkan karena pengangguran dan kemiskinan. Adapun untuk dapat memcahkan masalah sosial ini dapat dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan keamanan., pahami terlebih dahulu pengertian masalah sosial
  6. Contoh Masalah sosial ke enam sampah. Kuranngnya kesadaran masyarakat untuk menjaga keberhisihan lingkungan menyebabkan lingkungan tempat tinggal menjadi terlihat kumuh, ini desababkan karena kebiasayaan masyarakt yang membuah sampah tidak pada tempatnya. Untuk dapat mengatasi masalah ini dapat dengan cara mendaur ulang sampah menjadi barang-barang bernilai jual.
  7. contoh masalah sosial ke tujuh Pencemaran lingkungan. Banyaknya pabrik yang beridiri suatu daerah akan menyebabkan beberapa polusi jika pabrik tersebut tidak dapat mengolah limbah pembuangan dengan baik, seperti pencemaran asap pabrik, selain pabrik ada pula asap kendaraan. Untuk menaggulangi hal ini pemereintah kota dapat membuat taman kota dan penghijauan. 
  8. contoh masalah sosial ke delapan Lingkungan hidup meliputi hal-hal yang ditimbulkan oleh interaksi antara manusia sebagai unsur yang paling dominan (disamping hewan dan tumbuhan) dengan lingkungan. Manusia memiliki kemampuan untuk bertambah secara kuantitatif dan kualitatif berkat akal pikirannya.
  9. contoh masalah sosial ke sembilan Interaksi manusia dengan lingkungan dapat menimbulkan perubahan-perubahan. Namun perubahan tersebut tidak menimbulkan masalah lingkungan jika hubungan keselarasan antara berbagai zat, benda, dan organisme itu tidak terganggu. Manusia karena desakan kebutuhan dan kurangnya kesadaran akan lingkungan hidup dapat menyebabkan terganggunya keserasian antara lingkungan hidup dengan perilaku manusia, maka kualitas lingkungan hidup akan semakin rusak. Misalnya pencemaran air oleh zat kimia, penebangan kayu di hutan, pembuangan sampah yang tidak teratur, polusi udara dari knalpot kendaraaan, dan lain-lain. Akibatna timbul kerusakan lingkungan hidup dan akan menjadi bumerang bagi kehidupan manusia itu sendiri, yaitu terjadi kekeringan, kebakaran, banjir, timbulnya berbagai penyakit baru, dan lain-lain.
  10. contoh masalah sosial ke sepuluh Masalah kebakaran. penyebab adanya kebakaran adalah bisa karena ulah manusia yang disengaja maupun tidak tidak disengaja seperti korsleting listrik, kompor meledak. Penanggulanya dengan cara berhati-hati menggunakan (contoh) korek api, gas, berasangkutan dengan pengertian masalah sosial. pemabasan faktor ada dibawah
  11. Rusaknya Fasilitas umum. Untuk masyarakat yang hidup di wilayah perkotaan pasti tidak heran jika menjumpai fasilitas umum yang kurang layak pakai, ini disababkan karena kurangnya perawat dan pengerusakan oleh pihak-pihak tertentu. Untuk mengatasinya masyarakat harus dapat menjaga dan merawat fasilitas umum yang ada.
  12. Kualitas penduduk rendah. kurangnya kualitas penduduk merukapan salah satu penyebab adanya pengangguran dan  kriminalitas ini disebabkan karena kurangya keahlian dan keterampilan seseorang dalam bekerja. Untuk menanggulangi masalah ini dapat dengan cara membuka layanan keterampilan dan layanan pendidikan gratis.
  13. Penyalahgunaan obat-obatan terlarang Alkohol. Pergaulan bebas menyababkan anak-anak menyimpang dari kaidah norma yang berlaku dimasyarakat sehingga mereka menjadi pengguna obat-obatan terlarang dan alkohol, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dari orang tua dan terpengaruh lingkukan. Untuk dapat mengatasi hal ini dapat dengan cara mencari kegiatan positif.
  14. Pemborosan Energi. Penyebab pemborosan energi adalah penggunaan energi untuk hal-hal yang tidak perlu seperti penggunaan contoh istrik pada siang hari. Penanggulanya dapat dengan cara mengehemat energi sesuai dengan kebutuhan.
  15. Kepadatan penduduk. Tingginya jumlah angka kelahiran menyebabkan jumlah penduduk yang semakin padat disuatu wilayah. untuk mengatasi masalah ini dapat dengan progam KB dan transmigrasi. bersangkutan dengan pengertian masalah sosial
  16. Kesehatan. Tingginya tingkat kematian dikarenakan kurangnya kesadaran warga menjaga kebersihan lingkungan tdan tempat tinggal. Cara menanggulangi masalah kesehatan adalah dengan cara  rajin memeriksakan kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan.
  17. Kenakalan Remaja. Narkoba dan zat adiktif adalah obat-obat terlarang yang pemakaiannya hanya boleh dilakukan secara medis dan tidak untuk dislahgunakan. Di Indonesia khususnya sudah banyak penyalahgunaan penyalahgunaan zat adiktif tersebut secara hokum ini harus benar-benar ditindak dengan jelas dan tidak boleh diremehkan. Adanya mind set bahwa narkoba itu keren dan apabila tidak menggunakannya dianggap sebagai seseorang yang tketinggalan zaman. Adanya persepsi bahwa narkoba dapat menghilanggan stress dan pusing kepala. Ini adalah suatu masalah sosial yang tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus ada penanganan secara maksimal demi menyelesaikan maslah ini. Adapun penyebab kenakalan remaja adalah terpengaruh lingkungan, lemahnya pengawasan orang tua, dan rendahnya tindkat pendidikan. Untuk menanggulangi dapat dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan, orang tua hendaknya lebih memperhatikan perkembangan anak-anaknya, dan meningkatkan muta pendidikan.
  18. Kebodohan. penyebab dari munculnya kebodohan dimasyarakat adalah kemiskinan. Hal ini dapat diatasi dengan membuka layanan pendidikan secara gratis untuk masyrakat kurang mampu.
  19. contoh masalah sosial anak jalanan Masyarakat tentu sepakat bahwa anak jalanan telah menjadi masalah sosial sendiri. Anak jalanan adalah cerminan dari ketidakmampuan, terlepas dari sebagian oknum yang memanfaatkan anak jalanan. Para anak jalanan merupakan potret ketidakteraturan sebuah sistem keluarga. Yang kemudian melebar menjadi masyarakat yang lebih besar.
  20. Seks Bebas. Adanya pergaulan bebas menjadi hal yang memunculkan adanya Seks bebas dikalangan masyarakat. Untuk  menanggulangi masalah sosial ini dengan rajin beribadan dan mencari kegiatan positif.
  21. Perilaku Tidak Disiplin. Munculnya perilaku yang tidak disiplin karena sikap individualisme yang tinggi. Untuk dapat menanggulangi hal ini haruslah berusaha mendahulukan kepentingan orang lain dar pada kepentingan pribadi
baca juga: pengertian sosiologi, ciri-ciri dan contohnya 
Setelah membahas pengertian masalah sosial, dan contohnya selanjutnya akan membahas faktor yang mempengaruhinya. Dalam hidup bermasyarkat pasti sering menjumpai beberapa masalah yang bisa dikataka  tidak sedikit, namun hanya empat faktor utama yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut, diantarnya adalah:

Faktor Masalah sosial
  1. Faktor Ekonomi. Masalah ekonomi yang sering muncul di lingkungan masyarakat seperti masalah pengangguran, kemiskinan dan banyak lagi. Untuk masalah ini yang harus beranggung jawab adalah pihak pemerintah, karena pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan tidak merata. Akibat dari sulitnya mencari lapangan pekerjaan menyebabkan masyarakat melakukan tindakan kriminalitas. Selain itu  ekonomi suatu negara dpat dijadian acuan apakah negara tersebut sudah maju atau belum. Semakin tinggi Ekonomi negara semakin maju negara tersebut. Sesuai dengan pengertian masalah sosial
  2. Faktor Budaya. Adanya era globalisasi tidak bisa terlepas begitu saja dengan suatu budaya disuatu daerah, kebudayaan yang semakin maju akan menjadi penyebab salah satu masalah sosial yang ada dilingkungan masyarakat. Contohnya kenakalan remaja, pernikahan dini dan banyak lagi. hal ini haruslah menjadi perhatian ekstra dari pemerintah dan masyarakat, bisa dikatakan baik buruknya kebuduyaan akan mencerminkan suatu negara tersebut. Masalah ini dapat diatasi dengan pemberian ilmu agama kepada masyarakat. 
  3. Faktor Biologis. biologis dapat menimbulkan berbabagi masalah yang timbul dilingkungan masyarakat contohnya penyakit yang dapat menular, kurang gizi dan banyak lagi. Adapun yang menjadi penyebabnya adalah kondisi ekonomi masyarakat yang masih rendah dan kuarangnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang disediakan untuk masyarakat, oleh sebab itu munculnya berbagai masalah biologis yang terjadi dimasyarakat. Untuk dapat mengatasi hal ini adalah dengan cara memberikan pengetahuan tentang pentingnya pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan dan pemerintah harus meingkatkan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Sesuai dengan penegertian masalah sossial
  4. Faktor Psikologis. ini bisa muncul dalam lingkungan masyarakat apabila kondisi psikologis masyarakat sangat lemah. psikoligs muncul apabila suatu masyarakat mengalami beban hidupyang berat karena beberapa hal sehingga mengakibatkan stress dan dapat mengganggu kejiwaaan seseorang dan akan berdampak memicu konflik di masyarakat.

Setelah membahs pengertian masalah sosial, faktor dan contoh masalah sosial dibawah ini ada beberpa cara untuk dapat menggulangi masalah yang terjadi dimasyarakat :
  1. dengan cara meningkatkan lapangan pekerjaan yang memadai
  2. Dengan cara meningkatkan tentang pentingnya kesadaran sosial
  3. Dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan
  4. Dengan mensosialisasikan norma dan nilai-nilai sosial
  5. Dengan menindak tegas para pelaku kejahatan sosial
  6. Dengan meningkatkan pemerataan pembangunan
itulah artikel tentang Pengertian Masalah Sosial, Faktor dan 18  Contoh semoga bermanfaat untuyk teman teman

Subscribe to receive free email updates: