Cara menulis daftar pustaka lengkap: BUKU, JURNAL, INTERNET, ABSTRAK, SKRIPSI, TESIS, ENSIKLOPEDIA

Cara menulis daftar pustaka lengkap : BUKU, JURNAL, INTERNET, ABSTRAK, SKRIPSI, TESIS, ENSIKLOPEDIA- apakah teman teman pernah mendengar  istilah apa itu plagiat? Hal seperti ini bisa terjadi karena penulis tidak mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan yang penulis buat. Di lingkungan sekolah pun, teman teman bisa saja terjebak dalam keadaan seperti ini jika tidak mampu menuliskan sumber referensi dari makalah yang dibuat dengan baik dan benar. Meskipun terkesan gampang atau mudah, nyatanya masih banyak dari teman-teman yang merasa kesulitan  dalam menerapkan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dalam akhir tulisan yang penulis buat. Tanda baca dan urutan  merupakan  masalh selama penulisannya menjadi momok yang menyebabkan seseorang terburu malas untuk mencantumkan  daftar pustaka berbagai referensi sumber dari tulisannya.

cara menulis daftar pustaka

Agar teman-teman tidak dianggap sebagai plagiat dan dapat menuliskannya secara baik dan benar, berikut ini panduan cara menulis daftar pustaka yang tepat sesuai dengan jenis sumber yang dipakai dalam penulisan sebuah artikel.

Pengertian Daftar Pustaka
Sebelum masuk ke cara penulisan daftar pustaka, teman teman haruslah memahami terlebih dahulu pengertian daftar pustaka
Daftar pustaka adalah daftar yang berisi makalah, buku, jurnal, artikel, atau sumber bacaan lainnya yang dikutip baik secara langsung maupun tidak langsung.  Adapun bahan bahan yang dibaca, tetapi tidak dikutip, tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka. Sedangkan semua bahan yang dikutip secara langsung maupun tidak langsung dalam teks harus dicantumkan dalam daftar pustaka.

Fungsi Daftar Pustaka
a. fungsi yang pertama adalah sebagai salah satu bentuk untuk memberikan berbagai referensi yang berhubungan bagi pembaca untuk melakukan sebuah kajian lanjutan maupun kajian ulang yang berhubungan dengan tema buku tersebut.
b. sedangkan fungsi yang kedua adalah sebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap penulis baik penulis buku maupun karya tulis atas karya yang ia tulis yang telah memberikan  berbagai manfaat dan peranan terhadap penulisan sebuah buku atau karya tulis maupun artikel. 

Peranan Daftar Pustaka
a.  Sebagai sebuah gambaran dari sumber tulisan yang didapat
b. Sebagai peninjauan tentang pengalaman, pengetahuan, bahkan pertanggung jawaban penulis buku rujukan tersebut
c. Untuk menghindari kemungkinan adanya tuduhan plagiasi intelektual

Unsur unsur yang ada di dalam Penulisan Daftar Pustaka

Cara menulis daftar pustaka memiliki urutan unsur unsur tertentu, yaitu :

  1. Nama pengarang ditulis dengan urutan sebagai berikut nama akhir, nama awal atau  nama tengah dengan cara disingkat, tanpa gelar akademik, dan diakhiri dengan titik. Nama pengarang yang terdiri dari dua kata (lenih dari satu kata) ditulis dengan urutan nama akhir diikuti koma lalu nama awal disingkat. Apabila sumber yang dirujuk ditulis oleh tim lebih dari dua oarang dan tidak lebih dari 6 orang, semua nama pengarangnya harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Dan jika jumlah pengarang diatas atau lebih dari 6 orang, ditulis semua nama tersebut kemudian ditambah dkk. atau et al.
  2. Tahun penerbitan diikuti  dengan tanda baca titik.
  3. Nama penerbit  harus diikuti titik dua dan kota tempat penerbitan.
  4. Judul,  yang didalamnya termasuk sub judul, ditulis dengan miring dan diikuti  tanda baca titik.
Unsur unsur diatas bisa saja dapat bervariasi tergantung dari mana jenis sumber pustakanya. Adapun cara penulisnya lebih dari satu, cara penulisannya sama dengan penulis pertama. Jika teman teman ingin mencantumkan pada halaman berapa kutipan  yang diambil, Anda bisa menuliskannya setelah kota tempat penerbitan.

Cara menulis daftar Pustaka dari Sumber Buku
Ada beberapa hal yang perlu (wajib) diperhatikan dalam menulis daftar pustaka dari sumber buku. Akan tetapi, hal paling utama adalah memperhatikan urutan dan tanda bacanya. Dibawah ini adalah beberapa urutan sebuah referensi dari buku.

1. Nama

Nama penulis atau pengarang  ditulis paling awal. Ingatlah untuk selalu menuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu, selanjutnya dilanjutkan dengan tanda baca koma (,) setelah itu mencamtunkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut. Apabila buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama saja yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya. Jika pada buku tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak perlu dituliskan (dicantumkan).

2. Tahun Terbit

Setelah nama pengarang, cantumkanlah tahun terbit dari buku yang teman teman gunakan sebagai referensi. Jangan terkecoh pada angka tahun cetakan awal karena bisa saja buku yang teman teman pakai merupakan cetakan kedua, ketiga, ataupun terakhir.

3. Judul Buku

Tuliskanlah judul bukumu secara lengkap. Jangan lupa, penulisan judul dibuat dengan italic (miring). dalam Penulisan daftar pustaka

4. Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam sebuah penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku itu. Pertama penulisan nama kota, baru diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda baca titik dua (:).

Hal lain yang perlu teman teman perhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Pastikan teman teman menggunakan tanda  baca titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.

Contoh  cara menulis Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku: 1
Judul                  : Family Medical Care Volume 4
Penulis               : Dr. John F. Knight
Penerbit             : Indonesia Publishing House
Kota Penerbit    : Bandung
Tahun Terbit      : 2001

Data Buku: 2
Judul                 : Essentials of Clinical Immunology
Penulis              : H Chapel and Haeney M
Penerbit             : Blackwell Scientific Publication
Kota Penerbit    : Cambridge
Tahun Terbit      : 1993

Data Buku: 3
Judul                : Diabetes Mellitus : Klasifikasi, Diagnosis, dan Dasar Terapi, Edisi kedua
Penulis             : A Tjokoprawiro
Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama
Kota Penerbit   : Jakarta.
Cara Penulisan:

Data Buku: 4
Judul                : Evaluasi Program Pendidikan
Penulis             : Arikunto Suharsimi dan Safruddin Abdul Jabar
Penerbit           : Bumi Aksara
Kota Penerbit  : Jakarta

cara menulis  :
Suharsimi, Arikunto dan Cepi, Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara :Jakarta.

Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.

Tjokoprawiro, A. 1994. Diabetes Mellitus : Klasifikasi, Diagnosis, dan Dasar Terapi, Edisi kedua. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Chapel, H and Haeney, M. 1993. Essentials of Clinical Immunology, 3th Ed. Blackwell Scientific Publication : Cambridge.

Cara menulis Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, atau Majalah
Tidak jauh berbedadengan halnya penulisan dari sumber berupa buku, teman teman pun perlu mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, hingga kota dan nama penerbit. Hanya saja, ada perbedaan penulisan untuk beberapa urutan tersebut, seperti dibawah ini.
1. Nama

Pastikan nama yang teman teman tulis yang berada dalam daftar pustaka artikel tersebut adalah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, ataupun majalah yang menjadi sumber referensi.

2. Judul

Kemudian Dahulukan penulisan judul artikel yang menjadi sumber referensi. Penulisan tidak dengan format italic, melainkan tegak lurus dengan pemberian tanda baca kutip (“) pembuka dan penutup. Setelah itu, lanjutkan dengan penulisan sumber jurnal ataupun majalah yang memuat artikel tersebut. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran baru harus dicetak dengan miring. Ikutkan di halaman berapa artikel tersebut dimuat yang ditulis dalam tanda kurung [(…)].

Contoh Penulisan daftar Pustaka dari Artikel Jurnal

Data Artikel: 1
Judul Jurnal        : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1
Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang
Penulis                 : Umar Solikhan
Penerbit             : Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kota Terbit          : Pangkalpinang
Tahun Terbit      : 2013

Data Artikel: 2
Judul Jurnal        : Kesehatan: Jurnal Kesehatan dan Kebersihan Volume 2
Judul Artikel       : Menjaga Kesehatan Diri dan Kebersihan Lingkungan Kota Magelang
Penulis                : Joe Budi
Penerbit              : Dinas Kesehatan
Kota Penerbit      : Magetan
Tahun Terbit        : 2016

Cara menulis daftar pustakanya:
Permata, Sofi. 2015. Membiasakan Berbahasa yang Baik dan Benar, Edisi 20 Maret 2015. Bandar Lampung Post, hlm 2

Solikhan, Umar. 2013. “Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang” dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prijanto, M, Pangastuti, R, dan Suprijanto, E. 1991. Efektifitas Imunisasi Toksoid Serap Difteri dan Tetanus. Buletin Penelitian Kesehatan

Budi, J. 2016 . "Menjaga Kesehatan Diri dan Kebersihan Lingkungan Kota Magelang" dalam Kesehatan: Jurnal Kesehatan dan Kebersihan Volume 2 (hlm 145-175). Magetan: Dinas Kesehatan

Sueyadarma. 2007. Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional Melalui Program Sertifikasi, Edisi Mei 2007. Buletin BSNP.

.

Cara menulis Daftar Pustaka dari Internet (daring)
Selain refrensi yang diambil dari artikel tidak jarang teman teman mengambil refrensi tulisannya dari artikel-artikel di internet (dalam jaringan.internet atau online).Pustaka diambil dari internet Pengutipan pustaka dari internet (daring) untuk tinjauan pustaka hanya diperbolehkan apabila informasi berasal dari sumber yang jelas seperti nama pengarang, majalah dan atau penerbit. Yang sedikit membedakan pada penulisan ini adalah situs dan waktu akses harus dicantumkan dalam penulisan.

 Untuk Penulisan daftar pustaka dari internet seperti ini, urutannya adalah sebagai berikut:

1. Nama

Cara penulisan nama untuk artikel internet tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku maupun artikel cetak.

2. Tahun Penayangan

Tuliskan tahun penayangan dari artikel tersebut.

3. Judul

Judul artikel internet tidak ditulis dengan  italic, melainkan hanya diapit tanda kutip (“).

4. URL

Jangan lupa menyalin alamat URL dari artikel tersebut agar dapat diakses jika ada yang ingin membuktikan kesahihan refrensinya.

5. Waktu Pengambilan

Dan di bagian akhir ini, teman teman jangan lupa mencantumkan waktu pengambilan artikel internet itu secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat kamu mengunduh ataupun menjadikannya referensi.

Selain urutan, masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet atau internet agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda titik (.) sebagai batas hanya berlaku untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. Sementara itu, pembatasan dari judul ke URL dan dari URL ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

Contoh cara menulis daftar pustaka dari Internet (Artikel internet)

Data Artikel: 1
Judul                        : Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global?
Penulis                     : Jeko Iqbal Reza
Tanggal Tayang       : 29 Agustus 2015
Waktu Akses            : 10 Februari 2016, pukul 10.27
URL                        : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

Data Artikel: 2
Judul                     : Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah Untuk                                                                           Pemula
Penulis                  : Lintang
Tanggal Tayang    : 05 Mei 2016
Waktu Akses         : 7 Juli 2017
URL                      : http://www.lintangsore.com/2016/05/cara-berkebun-hidroponik-di-rumah-                                              untuk.html

Cara menulis daftar pustakanya:
Reza, Jeko Iqbal. 2015. “Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.
Pustaka berupa abstrak

Lintang. 2016. " Cara Membuat Tanaman Hidorponik Di rumah Untuk Pemula" , http://www.lintangsore.com/2016/05/cara-berkebun-hidroponik-di-rumah-untuk.html, diakses pada 7 Juli 2017

contoh cara menulis daftar pustaka artikel daring lainnya
Nugraha, Aria. 2014. Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal yang Benar. http://www.KelasIndonesia.com/page/artikel/?act/detil/aid/42. Diakses 27 Maret 2015 pukul 20.00 WIB.

Ahmad, Bojan. 2016. Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pupuk. tipspendidikan.site/2015/04/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html.  Diakses 14 januari 2017.

Anonim. 2004. Geographic Distribution of Malaria. http://www.dpd.cdc.gov/DPDx/HTML/Malaria.html. Diakses 10 Oktober 2016.


Cara menulisnya yang berasal dari refrensi abstrak pada nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, keterangan (abstrak), nama penerbit.

 Berikut iniContoh :

Ohmiya Y, Hirano T, Ohashi M. 1996. The Structural Origin of The Color Differences in The Bioluminescence of Firefly Luciferase. (Abstrak). FEBS Letter.

Ardoni. 2005. Teknologi Informasi : Kesiapan Pustakawan Memanfaatkannya. (Abstrak). Program Studi Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Universitas Negeri Padang.

Celein, Albert. 2012. Warm Water Immersion for CHF. (Abstrak). Elsevier : Singapura.
Sponsors Link
4. Pustaka berupa buku teks terjemahan

Nama penulis asli ditulis paling depan, diikuti tahun penerbitan karya asli, judul terjemahan, tahun terjemahan, nama penerbit terjemahan dan tempat penerbitan.

Contoh:

Bellanti, JA, Robbins, JB. 1985. Immunology III. Samik W (penterjemah). 1993. Gajah Mada University Press : Yogyakarta, Indonesia.

Mull, B. 2016. Five Kingdom : Rogue Knight. Lasmana R. 2016. Mizan Fantasi : Jakarta.

Douglas, Robertson, C, Nicol, F. 1995. Macleod Pemeriksaan Klinis. Rudjianto, Achmad. 2014. Elsevier : Singapura

baca juga: 15 Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Penjelasan Lengkapnya
 Cara menulis daftar pustaka berupa tugas akhir, skripsi, tesis, atau disertasi

Nama penulis, diikuti tahun pada sampul, judul tugas akhir atau skripsi atau tesis atau disertasi, pernyataan tugas akhir atau  skripsi atau tesis atau disertasi, pernyataan tidak diterbitkan, nama fakultas, nama perguruan tinggi, nama kota tempat perguruan tinggi.

Nama Penulis       : Setiawan D
Tahun terbit          : 2005
Judul                     : Pengaruh Protein AdhO36 Salmonella typhi terhadap Percepatan Respirasi                                            Makrofag
Nama perguruan tinggi : Universitas Brawijaya
Nama fakultas       : fakultas kedokteran
Kota penerbit         : Malang

nama penulis        : Martiana I
Tahun  terbit         : 2014
Judul                     : Pengaruh Menulis Perasaan terhadap Penurunan Insomnia pada ODHA (Orang                                      dengan HIV/ AIDS
Nama perguruan tinggi : Universitas Brawijaya
Nama fakultas       : fakultas kedokteran
Kota penerbit         : Malang
cara menulis daftar pustaka dari skripsi
nama penulis        : Diana F
Tahun  terbit         : 2000
Judul                     : Pengaruh Cara Belajar pada Siswa SMP terhadap Prestasi
Nama perguruan tinggi : Universitas Indonesia
Nama fakultas       : Fakultas Psikologi
Kota penerbit         : Jakarta
Contoh :

Setiawan D. 2005. Pengaruh Protein AdhO36 Salmonella typhi terhadap Percepatan Respirasi Makrofag. Tugas Akhir. Tidak diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya : Malang.

Martiana I. 2014. Pengaruh Menulis Perasaan terhadap Penurunan Insomnia pada ODHA (Orang dengan HIV/ AIDS). Tidak diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya : Malang.

Diana, F. 2000. Pengaruh Cara Belajar pada Siswa SMP terhadap Prestasi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Indonesia : Jakarta.

Pustaka berupa Undang Undang atau berupa Peraturan Pemerintah atau dari Keputusan Presiden
Sponsors Link

Penanggung jawab dari dokumen dokumen ini adalah pemerintah negara indonesia, maka bisa dituliskan Republik Indonesia atau Pemerintah Indonesia atau Indonesia saja.
Contoh :

Republik Indonesia. 1992. Undang-Undang No. 24 Tahun 1992 tentang Penataan Ruang. Lembaran Negara RI Tahun 1992, No. 115. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 1999. Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Lembaran Negara RI Tahun 1999, No. 60. Sekretariat Negara. Jakarta.

Cara menulis daftar pustaka berupa ensiklopedia atau kamus

Penulisan pustaka dari sumber ensiklopedia atau kamus sama dengan unsur unsur pustaka pada umumnya.

Contoh :

Stafford-Clark, D. 2000. Mentasy Disoders and Therir treatment. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britannica. 27: 567-568.

Echols, J.M. dan Shadily, H. (Eds). 1989. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
9. Pustaka berupa film/ video

Nama penulis merupakan nama produser atau pembuat video dan disertai total durasi dari film atau video.

Dibawah ini adalah  cara menulis daftar pustaka contohnya :

Oldfield, B. (Producer) 1977. On the Edge of The Forest. Tasmanian Film Corporation. Hobart : Australia. 30 mins
.
Burke, J.2009. Distant Voices. BBC Videocasette : London, UK. 45 mins.
10. Pustaka berupa wawancara

Pustaka ini menyertakan nama pembicara, judul pertemuan/nama acara, tahun, dan tempat. Jika wawancara bersifat ditayangkan pada media, sebutkan juga sumber media yang menjadi pemegang hak siar.

Contoh :
Simatupang, Soni. 2017. Menyambut Tahun Baru 2017. Indosiar : Jakarta. 30 mins.
Sudrajat, Ahmad. 2012. Interview of “Bandeng History” on his home, Jl. Mertapada 20.

Cara menulis daftar pustaka penting digunakan sebagai bentuk anti plagiarisme dimana mencantumkan setiap sumber yang dikutip. Penulisan daftar pustaka yang benar juga penting untuk menghindari kesalahan rujukan
- apakah teman teman pernah mendengar  istilah apa itu plagiat? Hal seperti ini bisa terjadi karena penulis tidak mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan yang penulis buat. Di lingkungan sekolah pun, teman teman bisa saja terjebak dalam keadaan seperti ini jika tidak mampu menuliskan sumber referensi dari makalah yang dibuat dengan baik dan benar. Meskipun terkesan gampang atau mudah, nyatanya masih banyak dari teman-teman yang merasa kesulitan  dalam menerapkan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dalam akhir tulisan yang penulis buat. Tanda baca dan urutan  merupakan  masalh selama penulisannya menjadi momok yang menyebabkan seseorang terburu malas untuk mencantumkan  daftar pustaka berbagai referensi sumber dari tulisannya.

Agar teman-teman tidak dianggap sebagai plagiat dan dapat menuliskannya secara baik dan benar, berikut ini panduan penulisan daftar pustaka yang tepat sesuai dengan jenis sumber yang dipakai dalam penulisan sebuah artikel.

Pengertian Daftar Pustaka
Sebelum masuk ke cara penulisan daftar pustaka, teman teman haruslah memahami terlebih dahulu pengertian daftar pustaka
Daftar pustaka adalah daftar yang berisi makalah, buku, jurnal, artikel, atau sumber bacaan lainnya yang dikutip baik secara langsung maupun tidak langsung.  Adapun bahan bahan yang dibaca, tetapi tidak dikutip, tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka. Sedangkan semua bahan yang dikutip secara langsung maupun tidak langsung dalam teks harus dicantumkan dalam daftar pustaka.

Fungsi Daftar Pustaka
a. fungsi yang pertama adalah sebagai salah satu bentuk untuk memberikan berbagai referensi yang berhubungan bagi pembaca untuk melakukan sebuah kajian lanjutan maupun kajian ulang yang berhubungan dengan tema buku tersebut.
b. sedangkan fungsi yang kedua adalah sebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap penulis baik penulis buku maupun karya tulis atas karya yang ia tulis yang telah memberikan  berbagai manfaat dan peranan terhadap penulisan sebuah buku atau karya tulis maupun artikel. 

Peranan Daftar Pustaka
a.  Sebagai sebuah gambaran dari sumber tulisan yang didapat
b. Sebagai peninjauan tentang pengalaman, pengetahuan, bahkan pertanggung jawaban penulis buku rujukan tersebut
c. Untuk menghindari kemungkinan adanya tuduhan plagiasi intelektual

Unsur unsur  Dalam Penulisan Daftar Pustaka

Cara menulis daftar pustaka memiliki urutan unsur unsur tertentu, yaitu :

  1. Nama pengarang ditulis dengan urutan sebagai berikut nama akhir, nama awal atau  nama tengah dengan cara disingkat, tanpa gelar akademik, dan diakhiri dengan titik. Nama pengarang yang terdiri dari dua kata (lenih dari satu kata) ditulis dengan urutan nama akhir diikuti koma lalu nama awal disingkat. Apabila sumber yang dirujuk ditulis oleh tim lebih dari dua oarang dan tidak lebih dari 6 orang, semua nama pengarangnya harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Dan jika jumlah pengarang diatas atau lebih dari 6 orang, ditulis semua nama tersebut kemudian ditambah dkk. atau et al.
  2. Tahun penerbitan diikuti  dengan tanda baca titik.
  3. Judul,  yang didalamnya termasuk sub judul, ditulis dengan miring dan diikuti  tanda baca titik.
  4. Nama penerbit  harus diikuti titik dua dan kota tempat penerbitan.

Unsur unsur tersebut bisa saja dapat bervariasi tergantung dari mana jenis sumber pustakanya. Adapun cara penulisnya lebih dari satu, cara penulisannya sama dengan penulis pertama. Jika teman teman ingin mencantumkan pada halaman berapa kutipan  yang diambil, Anda bisa menuliskannya setelah kota tempat penerbitan.

Cara menulis daftar Pustaka dari Sumber Buku
Ada beberapa hal yang perlu (wajib) diperhatikan dalam menulis daftar pustaka dari sumber buku. Akan tetapi, hal paling utama adalah memperhatikan urutan dan tanda bacanya. Dibawah ini adalah beberapa urutan sebuah referensi dari buku.

1. Nama

Nama penulis atau pengarang  ditulis paling awal. Ingatlah untuk selalu menuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu, selanjutnya dilanjutkan dengan tanda baca koma (,) setelah itu mencamtunkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut. Apabila buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama saja yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya. Jika pada buku tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak perlu dituliskan (dicantumkan).

2. Tahun Terbit

Setelah nama pengarang, cantumkanlah tahun terbit dari buku yang teman teman gunakan sebagai referensi. Jangan terkecoh pada angka tahun cetakan awal karena bisa saja buku yang teman teman pakai merupakan cetakan kedua, ketiga, ataupun terakhir.

3. Judul Buku

Tuliskanlah judul bukumu secara lengkap. Jangan lupa, penulisan judul dibuat dengan italic (miring). dalam cara menulis daftar pustaka

4. Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam sebuah penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku itu. Pertama penulisan nama kota, baru diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda baca titik dua (:).

Hal lain yang perlu teman teman perhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Pastikan teman teman menggunakan tanda  baca titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.

Contoh  cara menulis Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku: 1
Judul                  : Family Medical Care Volume 4
Penulis               : Dr. John F. Knight
Penerbit             : Indonesia Publishing House
Kota Penerbit    : Bandung
Tahun Terbit      : 2001

Data Buku: 2
Judul                 : Essentials of Clinical Immunology
Penulis              : H Chapel and Haeney M
Penerbit             : Blackwell Scientific Publication
Kota Penerbit    : Cambridge
Tahun Terbit      : 1993

Data Buku: 3
Judul                : Diabetes Mellitus : Klasifikasi, Diagnosis, dan Dasar Terapi, Edisi kedua
Penulis             : A Tjokoprawiro
Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama
Kota Penerbit   : Jakarta.
Cara Penulisan:

Data Buku: 4
Judul                : Evaluasi Program Pendidikan
Penulis             : Arikunto Suharsimi dan Safruddin Abdul Jabar
Penerbit           : Bumi Aksara
Kota Penerbit  : Jakarta

cara penulisannya :
Suharsimi, Arikunto dan Cepi, Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara :Jakarta.

Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.

Tjokoprawiro, A. 1994. Diabetes Mellitus : Klasifikasi, Diagnosis, dan Dasar Terapi, Edisi kedua. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Chapel, H and Haeney, M. 1993. Essentials of Clinical Immunology, 3th Ed. Blackwell Scientific Publication : Cambridge.

Cara menulis Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, atau Majalah
Tidak jauh berbedadengan halnya penulisan dari sumber berupa buku, teman teman pun perlu mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, hingga kota dan nama penerbit. Hanya saja, ada perbedaan penulisan untuk beberapa urutan tersebut, seperti dibawah ini.

1. Nama

Pastikan nama yang teman teman tulis yang berada dalam daftar pustaka artikel tersebut adalah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, ataupun majalah yang menjadi sumber referensi.

2. Judul

Kemudian Dahulukan penulisan judul artikel yang menjadi sumber referensi. Penulisan tidak dengan format italic, melainkan tegak lurus dengan pemberian tanda baca kutip (“) pembuka dan penutup. Setelah itu, lanjutkan dengan penulisan sumber jurnal ataupun majalah yang memuat artikel tersebut. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran baru harus dicetak dengan miring. Ikutkan di halaman berapa artikel tersebut dimuat yang ditulis dalam tanda kurung [(…)].

Contoh cara menulis daftar Pustaka dari Artikel Jurnal

Data Artikel: 1
Judul Jurnal        : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1
Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang
Penulis                 : Umar Solikhan
Penerbit             : Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kota Terbit          : Pangkalpinang
Tahun Terbit      : 2013

Data Artikel: 2
Judul Jurnal        : Kesehatan: Jurnal Kesehatan dan Kebersihan Volume 2
Judul Artikel       : Menjaga Kesehatan Diri dan Kebersihan Lingkungan Kota Magelang
Penulis                : Joe Budi
Penerbit              : Dinas Kesehatan
Kota Penerbit      : Magetan
Tahun Terbit        : 2016

Cara menulisnya:
Permata, Sofi. 2015. Membiasakan Berbahasa yang Baik dan Benar, Edisi 20 Maret 2015. Bandar Lampung Post, hlm 2

Solikhan, Umar. 2013. “Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang” dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prijanto, M, Pangastuti, R, dan Suprijanto, E. 1991. Efektifitas Imunisasi Toksoid Serap Difteri dan Tetanus. Buletin Penelitian Kesehatan

Budi, J. 2016 . "Menjaga Kesehatan Diri dan Kebersihan Lingkungan Kota Magelang" dalam Kesehatan: Jurnal Kesehatan dan Kebersihan Volume 2 (hlm 145-175). Magetan: Dinas Kesehatan

Sueyadarma. 2007. Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional Melalui Program Sertifikasi, Edisi Mei 2007. Buletin BSNP.

.

Cara menulis Daftar Pustaka dari Internet (daring)
Selain refrensi yang diambil dari artikel tidak jarang teman teman mengambil refrensi tulisannya dari artikel-artikel di internet (dalam jaringan.internet atau online).Pustaka diambil dari internet Pengutipan pustaka dari internet (daring) untuk tinjauan pustaka hanya diperbolehkan apabila informasi berasal dari sumber yang jelas seperti nama pengarang, majalah dan atau penerbit. Yang sedikit membedakan pada penulisan ini adalah situs dan waktu akses harus dicantumkan dalam penulisan.

 Untuk Penulisan dari internet seperti ini, urutannya adalah sebagai berikut:

1. Nama

Cara penulisan nama untuk artikel internet tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku maupun artikel cetak.

2. Tahun Penayangan

Tuliskan tahun penayangan dari artikel tersebut.

3. Judul

Judul artikel internet tidak ditulis dengan  italic, melainkan hanya diapit tanda kutip (“).

4. URL

Jangan lupa menyalin alamat URL dari artikel tersebut agar dapat diakses jika ada yang ingin membuktikan kesahihan refrensinya.

5. Waktu Pengambilan

Dan di bagian akhir ini, teman teman jangan lupa mencantumkan waktu pengambilan artikel internet itu secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat kamu mengunduh ataupun menjadikannya referensi.

Selain urutan, masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet atau internet agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda titik (.) sebagai batas hanya berlaku untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. Sementara itu, pembatasan dari judul ke URL dan dari URL ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

Contoh cara menulis daftar pustaka dari Internet (Artikel internet)

Data Artikel: 1
Judul                        : Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global?
Penulis                     : Jeko Iqbal Reza
Tanggal Tayang       : 29 Agustus 2015
Waktu Akses            : 10 Februari 2016, pukul 10.27
URL                        : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

Data Artikel: 2
Judul                     : Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah Untuk                                                                           Pemula
Penulis                  : Lintang
Tanggal Tayang    : 05 Mei 2016
Waktu Akses         : 7 Juli 2017
URL                      : http://www.lintangsore.com/2016/05/cara-berkebun-hidroponik-di-rumah-                                              untuk.html

Cara menulis daftar pustakanya:
Reza, Jeko Iqbal. 2015. “Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.
Pustaka berupa abstrak

Lintang. 2016. " Cara Membuat Tanaman Hidorponik Di rumah Untuk Pemula" , http://www.lintangsore.com/2016/05/cara-berkebun-hidroponik-di-rumah-untuk.html, diakses pada 7 Juli 2017

contoh artikel daring lainnya
Nugraha, Aria. 2014. Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal yang Benar. http://www.KelasIndonesia.com/page/artikel/?act/detil/aid/42. Diakses 27 Maret 2015 pukul 20.00 WIB.

Ahmad, Bojan. 2016. Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pupuk. tipspendidikan.site/2015/04/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html.  Diakses 14 januari 2017.

Anonim. 2004. Geographic Distribution of Malaria. http://www.dpd.cdc.gov/DPDx/HTML/Malaria.html. Diakses 10 Oktober 2016.


Cara menulis daftar pustaka yang berasal dari refrensi abstrak pada nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, keterangan (abstrak), nama penerbit.

 Berikut iniContoh :

Ohmiya Y, Hirano T, Ohashi M. 1996. The Structural Origin of The Color Differences in The Bioluminescence of Firefly Luciferase. (Abstrak). FEBS Letter.

Ardoni. 2005. Teknologi Informasi : Kesiapan Pustakawan Memanfaatkannya. (Abstrak). Program Studi Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Universitas Negeri Padang.

Celein, Albert. 2012. Warm Water Immersion for CHF. (Abstrak). Elsevier : Singapura.
Sponsors Link
4. Pustaka berupa buku teks terjemahan

Nama penulis asli ditulis paling depan, diikuti tahun penerbitan karya asli, judul terjemahan, tahun terjemahan, nama penerbit terjemahan dan tempat penerbitan.

Contoh:

Bellanti, JA, Robbins, JB. 1985. Immunology III. Samik W (penterjemah). 1993. Gajah Mada University Press : Yogyakarta, Indonesia.

Mull, B. 2016. Five Kingdom : Rogue Knight. Lasmana R. 2016. Mizan Fantasi : Jakarta.

Douglas, Robertson, C, Nicol, F. 1995. Macleod Pemeriksaan Klinis. Rudjianto, Achmad. 2014. Elsevier : Singapura


 Cara menulis daftar pustaka berupa tugas akhir, skripsi, tesis, atau disertasi

Nama penulis, diikuti tahun pada sampul, judul tugas akhir atau skripsi atau tesis atau disertasi, pernyataan tugas akhir atau  skripsi atau tesis atau disertasi, pernyataan tidak diterbitkan, nama fakultas, nama perguruan tinggi, nama kota tempat perguruan tinggi.

Nama Penulis       : Setiawan D
Tahun terbit          : 2005
Judul                     : Pengaruh Protein AdhO36 Salmonella typhi terhadap Percepatan Respirasi                                            Makrofag
Nama perguruan tinggi : Universitas Brawijaya
Nama fakultas       : fakultas kedokteran
Kota penerbit         : Malang

nama penulis        : Martiana I
Tahun  terbit         : 2014
Judul                     : Pengaruh Menulis Perasaan terhadap Penurunan Insomnia pada ODHA (Orang                                      dengan HIV/ AIDS
Nama perguruan tinggi : Universitas Brawijaya
Nama fakultas       : fakultas kedokteran
Kota penerbit         : Malang
cara menulis daftar pustaka dari skripsi
nama penulis        : Diana F
Tahun  terbit         : 2000
Judul                     : Pengaruh Cara Belajar pada Siswa SMP terhadap Prestasi
Nama perguruan tinggi : Universitas Indonesia
Nama fakultas       : Fakultas Psikologi
Kota penerbit         : Jakarta
Contoh :

Setiawan D. 2005. Pengaruh Protein AdhO36 Salmonella typhi terhadap Percepatan Respirasi Makrofag. Tugas Akhir. Tidak diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya : Malang.

Martiana I. 2014. Pengaruh Menulis Perasaan terhadap Penurunan Insomnia pada ODHA (Orang dengan HIV/ AIDS). Tidak diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya : Malang.

Diana, F. 2000. Pengaruh Cara Belajar pada Siswa SMP terhadap Prestasi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Indonesia : Jakarta.

Pustaka berupa Undang Undang atau berupa Peraturan Pemerintah atau dari Keputusan Presiden
Sponsors Link

Penanggung jawab dari dokumen dokumen ini adalah pemerintah negara indonesia, maka bisa dituliskan Republik Indonesia atau Pemerintah Indonesia atau Indonesia saja.
Contoh :

Republik Indonesia. 1992. Undang-Undang No. 24 Tahun 1992 tentang Penataan Ruang. Lembaran Negara RI Tahun 1992, No. 115. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 1999. Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Lembaran Negara RI Tahun 1999, No. 60. Sekretariat Negara. Jakarta.

Cara menulis daftar pustaka berupa ensiklopedia atau kamus

Penulisan pustaka dari sumber ensiklopedia atau kamus sama dengan unsur unsur pustaka pada umumnya.

Contoh :

Stafford-Clark, D. 2000. Mentasy Disoders and Therir treatment. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britannica. 27: 567-568.

Echols, J.M. dan Shadily, H. (Eds). 1989. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
9. Pustaka berupa film/ video

Nama penulis merupakan nama produser atau pembuat video dan disertai total durasi dari film atau video.

Dibawah ini adalah contohnya :

Oldfield, B. (Producer) 1977. On the Edge of The Forest. Tasmanian Film Corporation. Hobart : Australia. 30 mins
.
Burke, J.2009. Distant Voices. BBC Videocasette : London, UK. 45 mins.
10. Pustaka berupa wawancara

Pustaka ini menyertakan nama pembicara, judul pertemuan/nama acara, tahun, dan tempat. Jika wawancara bersifat ditayangkan pada media, sebutkan juga sumber media yang menjadi pemegang hak siar.

Contoh :
Simatupang, Soni. 2017. Menyambut Tahun Baru 2017. Indosiar : Jakarta. 30 mins.
Sudrajat, Ahmad. 2012. Interview of “Bandeng History” on his home, Jl. Mertapada 20.

Cara menulis daftar pustaka penting digunakan sebagai bentuk anti plagiarisme dimana mencantumkan setiap sumber yang dikutip. Penulisan daftar pustaka yang benar juga penting untuk menghindari kesalahan rujukan dan menghindari plagiasi

Subscribe to receive free email updates: