5 Contoh dan Cara Menyimpulkan Isi Berita : TV, Koran, Majalah

5 Contoh dan Cara Menyimpulkan Isi Berita : TV, Koran, Majalah - Pada saat teman teman sedang  menyimak sebuah berita yang berasal dari tv, radio, koran dan lain lain, tentu teman teman ingin dapat memahami isi dari berita yang teman teman baca. Dalam hal ini, teman teman berharap dapat mengambil atau menyerap informasi yang disampaikan sehingga teman teman memahami maksud  atau inti  sendiri dari berita tersebut.



Langkah-langkah  atau cara cara menyimpulkan Isi Berita

Teman teman dalam menerima berita pasti menganggap maksud dan isi berita dapat diterima dengan mudah,tetapi demikian, tidak mudah begitu saja karena untuk dapat mendapatkan dan memahami informasi  (isi) dari sebuah berita yang sifatnya sekali tayang. Ada beberapa hal yang perlu teman teman perhatikan dalam menyimak berita dari radio atau televisi. Dibawah ini adalah contoh cara menyimpulkan isi berita
1) Teman teman harus berkonsentrasi saat suatu berita di tayangkan;
2) Sambil konsenterasi teman teman  harus memahami pesan pokok tiap dari kalimat yang dibacakan;
3) Siapkan buku dan pena apabila diperlukan membuat catatan kecil; serta
4)  Hal terakhir yang perlu teman teman lakukan adalah menyimpulkan dan menyarikan isi keseluruhan berita yang sudah ditayangkan.

Perlu teman teman pahami tidak semua berita yang di tayangkan di televisi, koran, radio, dan majalah tergolong berita yang baik, ada beberpa berita yang dirasa tidak baik.  Nah Berita yang baik mengandung unsur-unsur seperti dibawah ini:

Apa : Tema yang di informasikan dalam berita
Siapa : Pelaku berita atau orang orang yang terlibat dalam berita
Kapan : Waktu terjadinya berita atau peristiwa peristiwa penting
Di mana : Tempat terjadinya berita atau peristiwa peristiwa itu berlangsung
Mengapa : Latar belakang terjadinya berita atau motif yang timbul sebelum peristiwa berita
Bagaimana : Proses terjadinya berita, rangkaian peristiwa peristiwa dari awal hingga akhir
Sifat Berita :

Ada beberpa sifat berita, bisa dikatakan  sifat berita itu adalah aktual dan terpercaya. Aktual berarti terkini, baru, sedang hangat dibicarakan yang menjadi tranding topic di masyarakat. Terpercaya artinya berita tersebut dapat dipercaya kebenarannya, bukan imajinasi atau dibuat-buat dan dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya.

Agar teman teman dapat mengetahui contoh cara menyimpulkan isi berita atau maksud dari suatu berita yang teman teman dengar dari televisi atau radio atau koran,  dibawah ini adalah langkah langkah yang dapat teman teman ambil :


  1. Menyimak berita dengan baik dan menentukan pokok-pokok isi berita, sudah dijelaskan sebulumnya menyimak berarti teman -teman harus bekonsentrasi penuh saat berita itu ditayangkan atau dibcakan
  2. Menyimpulkan berita berdasarkan pokok-pokok isi berita. Langkah kedua ini hall yang perlu teman teman lakukan adalah mencoba untuk menyimpulkan sendiri berita yang sudah teman teman lihat maupun dengar dengan buku atau catatan catatan kecil
  3. Menyampaikan kesimpulan itu kepada orang lain. Hal terakhir yang perlu lakukan teman teman adalah mencoba untuk berokomunikasi dengan orang lain dengan menceritakan kembali pokok pokok berita

Dibawah ini adalah beberapa contoh berita yang dapat teman teman pelajari  contoh cara menyimpulkan isi berita

Contoh Teks Berita Singkat di Televisi

Tentu saja teman teman ingin memiliki kemampuan atau keahlian dalam menyimak  suatu informasi isi berita yang baik. Untuk dapat memiliki kemampuan menyimak yang mumpuni, tentu saja teman teman harus rajin berlatih dan berlatih. Coba persiapkanlah diri teman teman untuk mendengarkan atau membaca contoh berita di bawah ini.

 Teman teman usahakan  dapat memahami informasi atau pokok pokok berita yang ada dengan baik dan jelas. Dibawah ini beberapa contoh pembacaan berita dari televisi.

Berita TV
Pemirsa, wabah penyakit demam berdarah mulai berjangkit di Kota Padang, Sumatra Barat. Tercatat ada 24 orang warga Kota Padang terkena  wabah demam berdarah. Sementara itu di Denpasar, Bali, wabah penyakit demam berdarah telah menelan korban 1 orang, dan kini 56 orang pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.

cara menyimpulkan isi berita

Wabah penyakit demam berdarah yang berjangkit di Kota Padang ditemui di tiga kecamatan dari 11 kecamatan yang ada. Dari laporan pantauan petugas,  ada  24 pasien yang masuk rumah sakit rata-rata berasal dari Kecamatan Kuranji, Kecamatan Kuto Tangah, dan Kecamatan Bungas Buluspulutabu. contoh cara menyimpulkan isi berita

Akan tetapi, di RSU Pusat Mohamad Jamil Padang ditemui juga beberapa pasien yang berasal dari luar Provinsi Sumatra Barat, yakni dari Pekanbaru, Riau.  Dan dari pantauan, jumlah korban yang masih dirawat di RSUP Mohamad Jamil Padang tinggal 8 orang dari 13 orang yang masuk sejak awal bulan Januari.

Sementara  itu di Rumah Sakit Yos Sudarso, beberapa pasien yang dirawat tinggal 3 orang dari 8 pasien yang masuk.  Wabah penyakit demam berdarah juga telah menyerang warga Kota Denpasar dan sekitarnya sejak awal bulan Januari.

Satu pasien demam berdarah dinyarakan telah meninggal dunia berumur 32 tahun. Korban berasal dari  kota Jember. Terdapat 56 pasien telah menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Sangklah, Denpasar. Kini jumlah pasien yang masih dirawat di sejumlah bangsal RSU Sangklah  hanya tinggal 25 pasien.

Umumnya, penderita masih didominasi golongan usia dewasa. Selain ituDi ruang rawat intensif khusus masih dipenuhi pasien demam berdarah.
(Sumber: Berita SCTV, Januari 2005,
dengan pengubahan)

Cara Menyimpulkan isi Berita

Teman teman yang menyimak berita dikatakan dapat memahami isi berita yang disampaikan apabila teman teman dapat mengungkapkan pokok pokok isi berita serta dapat mengemukakan inti sari dari berita tersebut kembali. Pokok-pokok isi berita atau inti sari berita dapat teman teman simpulkan dengan menguraikan unsur-unsur kelengkapan berita .

Berkaitan dengan isi berita  atau pokok poko berita di atas, beberapa contoh atau alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan unsur kelengkapan isi berita atau pokok pokok dari penyampaian berita di atas, di antaranya adalah berikut.

1. Apa isi pokok berita tersebut?

Wabah penyekit demam berdarah yang terjadi di Kota Padang dan Denpasar.

2. Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?

Masyarakat yang menjadi korban penyakit demam berdarah, di Padang berjumlah 24 orang, dan di Denpasar, Bali, 1 orang meninggal, dan 56 orang pasien masih dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.

3. Di mana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?

Di Kota Padang, Sumatra Barat, meliputi Kecamatan Kuranji, Kuto Tangah, dan Bungas Buluspulutabu serta di Denpasar, Bali, dan sekitarnya.  contoh cara menyimpulkan isi berita

4. Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?

Kemungkinan munculnya wabah penyakit disebabkan adanya musim penghujan yang menimbulkan banyak genangan air sebagai tempat berkembangnya nyamuk demam berdarah.

5. Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?

Wabah  penyakit demam berdarah menyerang kepada anak-anak maupun orang dewasa.

diatas adalah cara menyimpulkan isi

teman teman harus pahami dahulu  contoh cara menyimpulkan isi berita
Pokok-pokok berita 5w+1h

Berdasarkan berita yang telah teman teman dengar, teman teman dapat menyampaikan inti atau pokok-pokok berita yang ada. Teman teman  tidak perlu lagi membaca teks berita di atas ataupun mendengarkan ulang berita yang telah ditayangkan. Dibawah ini contoh penyampaian inti atau pokok- pokok berita berdasarkan berita di atas.

Terjadi wabah  penyakit demam berdarah di Kota Padang yang telah menyebabkan korban jiwa. Berdasarkan laporan petugas, sebagian besar korban berasal dari Kecamatan Kuranji, Kuto Tangah, dan Bungas Buluspulutabu. Pasien-pasien (korban) tersebut dirawat di RSUP Mohamad Jamil. Wabah  penyakit demam berdarah juga menyerang Kota Denpasar dan sekitarnya. Wabah penyakit ini telah menyebabkan satu orang korban jiwa. Rata rata korban yang menderita demam berdarah adalah orang dewasa. Kejadian tersebut telah menimbulkan banyak korban, baik korban meninggal maupun yang dirawat di rumah sakit daerah wabah.



Contoh cara menyimpulkan isi Berita 
Badai Tropis Franklin Dekati Veracruz Meksiko

Metrotvnews.com, Badai Tropis Franklin semakin menguat dan akan menjadi angin topan Kategori 1 pada Rabu 9 Agustus 2017 waktu setempat, dengan kecepatan angin mencapai 120 kilometer per jam. 

Menurut laporan Pusat Badai Nasional, seperti dikutip CNN, Franklin yang menjadi badai Atlantik pertama di musim ini diperkirakan tiba di negara bagian Veracruz, Meksiko, pada Rabu malam. 
Badai Tropis Franklin Dekati Veracruz Meksiko

Franklin sedang bergerak di area Bay of Campeche di wilayah selatan Teluk Meksiko pada Rabu petang. 

Saat masih menjadi badai tropis, Franklin melanda pesisir timur dari Semenanjung Yucatan Meksiko. Badai tersebut menghantam Belize dan Semenanjung Yucatan dengan hujan deras dan angin kencang. 

Topan ini akan bergerak ke arah barat dan terus menguat di sepanjang pesisir. Namun Franklin akan melemah dengan cepat setelah mendarat di Meksiko. 

Franklin diprediksi memicu hujan dengan kerapatan 3 hingga 6 inci. Di beberapa area, kerapatannya dapat mencapai 12 inci sehingga rentan memicu banjir bandang. 

Sebelumnya, Badan Meteorologi Nasional Belize mengeluarkan peringatan bagi kapal nelayan untuk tidak melaut di tengah hujan deras dan badai petir.

dibawah ini cara menyimpulkan isi berita

1. Apa isi pokok berita?
Badai Tropis Franklin Dekati Veracruz Meksiko


2. Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?
yang terkait dalam peristiwa isi berita tersebut adalah para nelayan

3. Di mana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?
peristiwa tersebut terjadi di Franklin melanda pesisir timur dari Semenanjung Yucatan Meksiko. Badai tersebut menghantam Belize dan Semenanjung Yucatan

4. Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?
peristiwa tersebut kemungkinan terjadi disebabkan karena perubahan iklim yang melanda daerah Meksiko


5. Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?
Franklin diprediksi memicu hujan dengan kerapatan 3 hingga 6 inci. Di beberapa area, kerapatannya dapat mencapai 12 inci sehingga rentan memicu banjir bandang.

contoh cara menyimpulkan isi berita
Wali Kota Nagasaki Berharap Bom Nuklir Tidak Pernah Digunakan Lagi


Metrotvnews.com, Nagasaki: Wali Kota Tomihisa Taue berharap Nagasaki akan tetap menjadi kota terakhir di dunia yang terkena serangan bom nuklir. 



Pernyataan disampaikan dalam peringatan 72 tahun serangan nuklir Amerika Serikat (AS) ke Nagasaki, yang memicu menyerahnya Jepang di era Perang Dunia II.
eringatan bom atom di Nagasaki terjadi di tengah ketegangan atas program misil dan nuklir Korea Utara. Ketegangan diperparah retorika agresif dari Presiden AS Donald Trump yang mengancam membalas Korut dengan "api dan kemarahan."

"Kekhawatiran mendalam menyebar di seluruh dunia, bahwa senjata-senjata (nuklir) ini mungkin akan digunakan kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama di masa mendatang," tutur Taue di Nagasaki Peace Park, seperti dikutip AFP, Rabu 9 Agustus 2017.  Contoh Cara menyimpulkan isi berita\

"Nagasaki harus menjadi tempat terakhir yang menderita akibat bom atom," lanjut dia. 

Suara lonceng berbunyi saat ribuan orang, termasuk korban selamat zaman PD II, mengheningkan cipta pada pukul 11.02 siang waktu setempat. Pukul 11.02 adalah momen jatuhnya bom nuklir di Nagasaki pada 9 Agustus 1945.

Jepang adalah satu-satunya negara di dunia yang terkena serangan nuklir. 
Kejahatan Perang

AS menjatuhkan bom atom pertamanya di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, yang menewaskan sekitar 140 ribu orang. Jumlah korban meliputi yang selamat dari ledakan, namun meninggal dunia akibat radiasi. 

Tiga hari setelah itu, AS menjatuhkan bom plutonium di kota Nagasaki, yang menewaskan sekitar 74 ribu orang. 

Negeri Sakura resmi menyerah dalam PD II pada 15 Agustus 1945. 

Banyak pihak di Jepang menilai serangan nuklir masuk dalam kategori kejahatan perang karena mengenai warga sipil. Namun banyak warga AS merasa serangan itu justru menyelamatkan banyak nyawa karena mengakhiri konflik dengan cepat. 

Barack Obama menjadi presiden pertama AS yang mengunjungi Hiroshima pada Mei tahun lalu. Ia memberikan penghormatannya kepada para korban serangan bom.

dibawah ini cara Contoh Cara  menyimpulkan isi berita

1. Apa isi pokok berita?
Wali Kota Nagasaki Berharap Bom Nuklir Tidak Pernah Digunakan Lagi


2. Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?
yang terkait dalam berita tersebut adalah warga Jepang khususnya masyarakat Nagasaki yang menjadi korban pada perang dunia ke 2


3. Di mana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?
AS menjatuhkan bom atom pertamanya di Hiroshima pada 6 Agustus 1945,


4. Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?
peristiwa tersebut dapat terjadi kemungkinan karena perselisihan antara negara Jepang dan Amerika Serikat pada saat perang dunia ke dua


5. Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?
AS menjatuhkan bom atom pertamanya di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, yang menewaskan sekitar 140 ribu orang. Jumlah korban meliputi yang selamat dari ledakan, namun meninggal dunia akibat radiasi. 

diatas adalah Contoh cara menyimpulkan isi berita


dengan banyak berlatih dan berlatih keamapuan teman teman dalam cara Contoh Cara  menyimpulkan isi berita akan lebih meningkat. Semoga artikel ini bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: