10 Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi

10 Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi - Teks deskripsi adalah teks atau  (bacaan) yang berisi  tentang tanggapan deskriptif dan personal terhadap objek. Teks deskripsi memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci dari  beberapa sudut pandang subjektif penulisnya (pengarang). Hal-hal yang dideskripsikan dipilih dari sudut pandang penulis sendiri. Teks deskripsi disebut juga teks tanggapan deskriptif.

Teks deskripsi mengandung kalimat kalimat yang seolah olah kita dapat merasakan, mendengar, dan membayangkan peristiwa yang diceritakan. deskripsi itu gambaran atau lukisan tentang suatu peristiwa.Ciri-ciri yang sangat jelas di teks deskripsi ini tentunya akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya. Berikut ini ciri-cirinya:
a)      Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
b)      Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
c)      Ketika pembaca membaca teks deskripsi seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
d)     Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.


contoh menentukan isi teks deskripsi 


Pesona Pantai Parang tritis (teks 1)
Wisata pantai Parangtritis berada di selatan Kota Yogyakarta tepatnya ada di Kecamatan Kretek , Kabupaten Bantul - Yogyakarta, Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta, untuk sampai di tempat ini sangatlah mudah, karena transportasi menuju ke pantai tersebut sudah banyak dan umumnya akan beroperasi sampai pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat sore hari saat terbenamnya matahari, pemandangan sunset yang cukup bagus dan pemandangan bibir pantai yang sangat mempesona menjadikan lokasi wisata ini sangat sayang sekali untuk tidak dinikmati.
Selain itu apabila teman teman ingin mengunjungi tempat ini tiba lebih cepat, maka Anda akan mempunyai kesempatan untuk melihat pemandangan pantai dari atas tebing yang letaknya berada di belakang pantai ini. Nama dari tebing itu adalah Tebing Gembirawati. Disini Anda juga akan menemukan sebuah reruntuhan Candi yang masyarakat sekitar memberi nama Candi Gembirawati. Letak candi itu berada di sebelah timur tebing Gembirawati dan jarak dari bibir pantai hanya beberapa meter saja.
Menurut keyakinan dari masyarakat Jawa, Objek wisata Pantai Parangtritis mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan atau biasa orang menyebutnya Ratu Kidul, dan merupakan penguasa laut selatan. sampai - sampai ada sebuah resort yang terinspirasi dari legenda tersebut sehingga memberinya nama Hotel Queen of the South.
Parangtritis juga disebut sebagai pintu gerbang dari kerajaan laut selatan, oleh karena itu masyarakat sekitar mempercayai apabila ada seseorang yang datang kesana menggunakan pakaian berwarna hijau, maka orang tersebut akan mendapatkan musibah. Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 
Menikmati keindahan Pantai memang sangat mengasikan, terlebih apabila Anda menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di Parangtritis juga tersedia  berbagai fasilitas seperti ATV, Delman dan Kereta Kuda yang bisa Anda sewa untuk menikmati suasana pantai yang ada di Parangtritis. Menyusuri keindahan Pantai dengan menggunakan tersebut menjadi sensasi tersendiri bagi Anda yang datang kesini terlebih apabila Anda mencoba mengendarai ATV.
Melewati gundukan - gundukan pasir yang banyak terdapat di lokasi wisata ini menggunakan kendaraan ATV akan membuat hiburan tersendiri bagi Anda yang hobby berkendara, sensasi seperti ini kemungkinan jarang sekali Anda peroleh jadi, apabila Anda mengunjungi Parangtritis jangan melewatkan begitu saja.
Selain fasilitas diatas yang bisa Anda nikmati di Parangtritis, Anda juga bise mencoba menikmati suasana pantai dengan menggunakan Airomodeling yang juga bisa Anda sewa disana, ini dikhususkan bagi Anda yang mempunyai keberanian tentunya. Dengan menggunakan fasilitas ini dijamin kepuasan Anda berwisata ke Parangtritis akan semakin terasa.Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 
Keindahan sunset juga bisa Anda nikmati di lokasi wisata ini, yang banyak dinanti - nanti oleh wisatawan yang datang ke Parangtritis. Bagi Anda yang belum puas menikmati keindahan pantai di sore hari, Anda bisa melanjukan sampai malam hari sambil menikmati jagung bakar yang banyak dijajakan pada saat malam hari
Pesona pantai senggigi (teks 2)
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.
Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
contoh menentukan isi teks deskripsi pantai senggigi

Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah laut Senggigi.Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi  Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah keindahan taman laut di Senggigi

Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura ini, Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat. Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong.
Memasuki pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan menuruni anak tangga. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan

Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah (teks 3)

Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi. “Ariah” menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 

Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00. Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas. Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras. Penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona. Tata lampu yang didukung cuaca cerah malam itu semakin menambah kedahsyatan suasana pembukaan. Pertunjukan awal melibatkan Monas sebagai latar. Monas nampak gagah dan menawan karena berkali-kali disoroti gambargambar indah sebagai latar cerita.

Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat. Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut sinar lampu yang dramatis. Erwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdu. Musik menggetarkan suasana.

Adegan puncak benar-benar mengaduk-aduk emosi penonton. Beragam suasana hati semakin dirasakan penonton. Nuansa keceriaan permainan anak-anak wak wak gung disusul suasana romantis Juki dan Ariah. Adegan berganti dengan suasana seru latihan silat antara Ariah dan Juki. Pergantian suasana berlangsung sangat cepat. Puncak ketegangan semakin terasa pada saat para penari laki-laki membawa replika obor yang menggambarkan suasana perlawanan para petani terhadap pemerintah kolonial. Suasana tanam paksa diiringi dan kekejaman para tuan tanah yang merugikan bagai lintah darat divisualisasikan dengan penuh penjiwaan

baca juga: cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar
Kelinci ku (teks 4)
 Aku mempunyai seerkor kelinci bernama Bunny, ia adalah kelinci pertama yang aku miliki karena diberi oleh kedua orang tuaku sebagai hadiah ulang tahunku yang ke 9. Bunny memiliki warna putih. Kata ayah “Kelinci adalah hewan yang umum dijumpai di peternakan, masyarakat indonesia sendiri telah mengenal kelinci sejak abad 18. Pada tahun 1972 ditemukanlah kelinci lucu yang pertama di indonesia tepatnya di pulau sumatra.
contoh menentukan isi teks deskripsi

Kelinci tergolong kedalam kelas mamalia yang artinya memiliki darah panas yang mana berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. dalam sekali berkembang biak kelinci dapat menghasilkan 4 ekor anak sekaligus. keistimewaan dari kelinci adalah gigi mereka kan terus tumbuh selama mera masih hidup”

Sebenarnya kelinci dapat ditemukan di berbagai belahan dunia seperti di benua eropa dan afrika, Hewan lucu dan sangat menggemaskan ini memiliki habitat dan tempat tinggal di hutan hujan dan sabana. namun pada abad ini kelinci juga sudah mulai dibudidayakan untuk diambil manfaatnya.
Sekarang ini banyak yang berternak kelinci untuk diabil dagingnya, teksturnya yang lembut dan juga gurih menjdaikan daging kelinci sangat enak untuk dimasak sebagai sate. Kelinci-kelinci pedaging sekarang juga sudah beredar luas di pasaran mulai dari pasar lokal sampai internasional.

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan kelinci lokal seperti kelinci sumatera dan kelinci jawa. Kelinci jawa banyak ditemukan di hutan-hutan disekitar jawa barat dan jawa tengah dengan ciri-ciri bulu coklat kehitaman. Sedangkan kelinci sumatera dapat ditemukan dengan ciri-ciri bulu coklat kekuningan.

Secara umum kelinci dapat dibagi menjadi dua jenis yakni. Kelinci liar dan kelinci hias atau peiharaan. Sedangkan menurut rasnya kelinci dapat dibagi menjadi berbagai jenis seperti anggora, marmut, australian dan lain sebagainya.
Paragraf deskripsi tentang keindahan gunung (teks 5)Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 

Gunung Bromo adalah sebuah gunung indah yang terletak di Jawa timur, termasuk ke dalam Taman Nasional Bromo tenggerr Semeru. Kawasan gunung ini mempunyai sebuah keunikan tersendiri dimana di ketinggiann 2392 meter di atas permukaan laut, akann  terdapat bentangann pasir yangg sangat luass sekitar 5.250 hektar. Disini paran pengunjung bisa menikmatii pemandangan dengan cara menaiki kuda. Hal lain yangg tidakk dapat di lewatkann adalah menikmati sunrise di Gunung Bromo, dari puncak Gunung Penanjakan yang berada di ketinggiann 2.770 meter di atas permukaan laut.
Gunung Bromo ini dihuni oleh masyarakat asli suku Tengger. Masyarakat asli Tengger ini meyakini bahwa Gunung Bromo adalah sebuah gunung tempat dimanaa seorang pangeran mengorbankan hidup demi sebuah keluarganya. Masyarakat pun rutin melakukan festival Yadnyaa Kasada atau Kasodoo. Maka waktuu yang tepat untukk berkunjung ke Gunung Bromo adalah saat bulan Kasada atau biasanyaadi bulan Septermber sampai dengan November.

Di bulan Kasada ini akan dapat di saksikann festival Kasada yakni sebuah upacara tahunan suku asli Tengger yang datang kee Bromo untuk melemparkann sajen yang berupa Sayuran, ayam, uangg ke dalam kawahh gunung berapi sebagaii wujud rasa bersyukur daan di persembahkan kepadaa Dewa. Tiap prosesi dari Upacara ini sangatt menarik wisatawan sehingga saat upacara kasada Bromoo semakin banyakk di kunjungii oleh pendatang.

Menurut kisah Gunung Bromo ini berasal dari kata Brahma yaitu salah seorang Dewa agama Hindu. Sebagai sebuah gunung yang besar dan indah, Bromo masih termasuk ke dalam golongan gunung api yang masih aktif, walaupun Gunung Bromo tidak sebesar gunung api lainnya yang adaa di Indonesia tetapi pemandangan alamm dan suasaan gunungnyaa membuat gunungg ini sangat pantas untuk di sambangi.  Sehinggaa para wisatawan tidakk jera untuk berkunjung.

Untuk sampai ke Gunung Bromo, maka pengunjung bisa menempuh perjalanan terlebihh dahulu ke Kota malang. Karena kota malang merupakann sebuah kota yang cukup besar maka untuk menujuu kota ini bisa di tempuh dengan berbagai ragam alat transfortasi. Dari mulai kendaraan pribadi, Bus, kereta maupun melaluii pesawat. kendaraan Jip atau land rover 4×4 adalahh kendaraan umum yang di gunakan di kawasan gunung Bromo. Memang harganyan lumayan mahal tetapi semua akan terasa lebih ringan jika dii tempuh dengan rombongan.


baca juga : jenis jenis pantun dan contohnya
Paragraf deskripsi tentang keindahan sawah (teks 6)Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 

Desa sumber rejo, sukoharjo jawatengah memiliki pemandangan sawah nan indah. Berhadapan dengan gunung yang berwarna hijau, menjadikan pemandangan disini semakin sempurna. Disini kita dapat melihat berbagai aktivitas pertanian yang bahkan mugkin belum pernah kita lihat sebelumnya. kita dapat melihat para petani yang sedang memulai proses tanam padi hingga proses panen

Setelah mencangkul sawah yang luas, akhirnya salah satu petani pun memutuskan untuk beristirahat karena memang suasana disini sudah beranjang siang dan panasnya terik matahari dapat kita rasakan melalui kulit kita.Setelah beristirahat sejenak petanipun kembali berativitas melanjutkan mencangkul sawah dengan penuh semangat. tak lama kemudian datanglah seorang perempuan yang mengantarkan makanan, ternyata itu adalah istri dari petani tersebut.
Paragraf diskrpsi tentang gempa bumi (teks 7)Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 
Saat itu pagi hari pukul 05.30 WIB. Setiap anggota keluargaku sibuk dengan urusannya masing-masing. Aku pun sedang bersiap mandi untuk berangkat ke sekolah. Ketika aku sudah di dalam kamar mandi dan bersiap mandi tiba-tiba ada guncangan hebat. Untuk beberapa detik pertama aku belum sadar bahwa itu adalah gempa bumi. Goncangan semakin keras dan aku memutuskan keluar kamar mandi. Di luar kamar mandi sudah terlihat ibu dan kakakku sedang berpegangan pada tembok. Terlihat rumah tingkat dua di sebelah kirinya goyang. Hanya hitungan detik bangunan gudang di sebelah kanan kamar mandi ambruk.
Sumur yang tepat berada di sebelah kananku pun roboh seketika. Guncangan berlangsung sekitar 5 menit. Setelah guncangan selesai, kami bergegas keluar rumah melihat keadaan tetangga. Betapa terkejutnya kami saat melihat semua orang lari tunggang langgang sambil berteriak-teriak ada tsunami. Bahkan ada seorang warga yang lari dengan darah mengucur deras dari kepalanya. Semua berlarian mencari tempat yang aman. Rumah dan harta benda mereka tinggalkan.
 Paragraf diskripsi tentang Rumah Mungilku Istanaku (teks 8)Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 
Rumahku adalah rumah sederhana di depan mushola. Rumah itu mempunyai luas sekitar 46 meter persegi. Dengan warna cat hijau muda  dan disertai garis warna kuning membuat rumah itu terlihat sejuk dipandang mata. Halaman sempit di depan rumah penuh dengan tanaman yang ditanam buah-buahan. Setiap tanaman tumbuh subur, bahkan tanaman cabe sudah berbuah banyak. Rumahku terdiri dari 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, 1 ruang santai, dapur, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasana harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Semua barang yang ada di rumah selalu tertata rapi. Lantai keramik berwarna putih membuat rumah mungil ini menjadi nampak luas.
 Paragraf diskrpsi tentang Lingkungan Sekolah yang ku cintai (teks 9)Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi 
Aku bersekolah di salah satu SMP Negeri di kotaku. Sekolahku terletak tepat di jantung kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan serta kantor polisi yang berada di ibukota Jakarta pusat. Meskipun sekolahku dekat dengan pusat perbelanjaan, namun tidak pernah ada satupun siswa yang berkeliaran di tempat itu pada jam sekolah. Kami semua adalah siswa yang patuh dengan peraturan dan tata tertib sekolah. Karena letaknya yang juga dekat dengan kantor polisi, sekolahku juga selalu aman dari tindakan-tindakan kriminal sehingga para orang tua tidak merasa khawwatir apabila terlambat menjemput dan menyuruh anaknya untuk pulang sendiri.
Paragraf diskrpsi tentang kucing (teks 10)
Aku mempunyai kucing bernama Remmy, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus. Remmy sering bermain dengan bermain bola, suka memakan ikan dan nasi. Remmy selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Remmy memiliki warna hitam gelap. Setiap pagi Remmy selalu meminta susu dan makanan

contoh menentukan isi berita kucing

2. Membandingkan Isi Teks 2 dan Teks 3
Diskusikan dengan teman  perbedaan teks 1 dan teks 3!
Perbedaan
Teks 2
Teks 3
topik utama yang dideskripsikan
Keindahan Alam
Keanekaragaman Tarian
rincian isi
  • Pantai Senggigi adalah pantai dengan garis pantai yang terpanjang. Pemandangan di bawah laut pantai        Senggigi juga bagus.
  • pada bibir Pantai Senggigi kita semua akan merasa angin pantai yang lembut dan juga udara yang segar.
  • Pemandangan bawah laut di pantai Senggigi juga tidak kalah bagus dan memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau.
  • Terdapat juga pemandangan indah dan menakujan di Pura Batu Bolong.
  • Pertunjukan awal: dibuka dengan api yang  terus berkobar di depan tugu monas.
  • Pertunjukan habis acara pembuka: munculnya dua ratus penari yang berlenggak lenggok di atas panggung.
  • Pertunjukan inti : Nuansa keceriaan permainan anak-anak wak wak gung disusul suasana romantis Juki dan Ariah
  • Penutup: menggambarkan suasana tragis dengan menggunakan irama yang menyayat, cahaya lampu berangsur meredup

Pola dalam pengelompokan
isi

Mengelompokkan bagian bagian seperti
(pantai, bawah laut, pura batu bolong
Teks gebyardalam  pementasan tari kolosal ariah menjelaskan bawha pertunjukan pembuka, adegan puncak, pertunjukan penutup



















semoga artikel tentang Contoh Menentukan Isi Teks Deskripsi  ini dapat bermanfaat bagi teman teman semua

Subscribe to receive free email updates: