Letak Astronomis, Letak Geografis, Geologis Indonesia

Letak Astronomis, Letak Geografis, Geologis Indonesia- Letak suatu daerah di permukaan bumi tidak hanya melihat sekadar posisi suatu objek di permukaan bumi, tetapi juga karakteristik yang ada pada daerah tersebut. Setiap tempat atau daerah akan menunjukkan perbedaan dengan tempat atay daerah lainnya di permukaan bumi. Indonesia ditinjau dari segi letak memiliki berbagai macam keunggulan yang menjadi modal yang sangat berharga bagi pembangunan Bangsa dan Negara. Letak maupun posisi dapat ditinjau dari  berbagai aspek yaitu astronomi, geologi, geografi, ekonomi dan sosial budaya. sebelum membahas letak geografis kita akan membahas

Sebelum membahas Letak Geografis sebelumnya Letak astronomis adalah letak suatu tempat  atau wilayah tertentu berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Garis lintang adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi. Garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Letak astronomis  Indonesia berada antara 95° BT - 141° BT dan 6° LU - 11° LS. Dengan letak astronomis tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5° LU dan 23,5° LS.



letak astronomi Indonesia

Letak astronomis Indonesia relatif aman dari bencana alam angin siklon atau badai. Angin siklon terjadi di daerah lintang 10° > 20° LU/ LS . Oleh itu, warga negara Indonesia harus bersyukur tinggal di negara yang tidak terkena pengaruh yang berarti dari angin siklon yang dapat menimbulkan kerugian harta benda maupun jiwa.
astronomis

Di daerah tropis sinar matahari akan selalu ada sepanjang tahun dan suhu udara tidak  akan ekstrim (tidak jauh berbeda antar musim) sehingga masih dapat dikatakan cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam dan di luar rumah. Lama siang dan malam juga hampir sama, yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam.

Dengan melihat letak astronomis Indonesia astronomis tersebut, dapat disimpulkan beberapa hal yang berkaitan dengan letak astronomis, yaitu :

  1. Dengan posisi tersebut Indonesia terletak di daerah equator yang beriklim tipe tropical yang ditandai dengan jumlah musim yaitu dua musim yaitu hujan dan kemarau. Letak tersebut mengakibatkan Indonesia tidak dilalui gerakan siklon dahsyat seperti badai tornado yang berbahaya.
  2. Selisih waktu Jakarta dengan Greenwich dapat diketahui yaitu tujuh jam. Setiap 15 derajat bertambah satu jam

Sedangkan berdasarkan garis bujur, Indonesia dibagi menjadi 3 daerah waktu yaitu, Waktu Indonesia bagian Barat atau (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah  atau (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timur atau (WIT).

Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) :
  1. Pulau Sumatra
  2. Pulau Jawa
  3. Kalimantan Tengah
  4. Pulau Madura
  5. Kalimantan Barat
  6. pulau - pulau di sekitarnya

Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) :
  1. Pulau Bali
  2. Nusa Tenggara Barat (NTB)
  3. Pulau Sulawesi
  4. Kalimantan Timur
  5. Kalimantan Selatan
  6. Nusa Tenggara Timur (NTT)
  7. dan pulau-pulau di sekitarnya
  Waktu Indonesia Timur :
  1. Kepulauan Maluku
  2. Pulau Irian Jaya (Papua)
  3. dan pulau-pulau di sekitarnya
Setelah membahas Letak Astronomis selanjunya membahas Letak geografis adalah letak suatu negara atau wilayah tertentu di permukaan bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra.  DImana benua yang mengapit Indonesia adalah Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia.  Sedangkan Samudra yang mengapit Indonesia adalah Samudra Hindia di sebelah barat Indonesia dan Samudra Pasifik di sebelah timur Indonesia.

Selain itu kita ketahui bahwa wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah-wilayah yang ada di sekitar NKRI. Batas-batas wilayah Indonesia dengan wilayah lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Di sebelah utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina dan Laut Cina Selatan.
  2. Di sebelah barat, Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
  3. Di sebelah timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik
  4. Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia

Letak geografis memberi pengaruh atau dampak langsung bagi Indonesia, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Karena hal itu adalah menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, bangsa Indonesia telah lama menjalin hubungan interaksi sosial dengan bangsa lain. Dimana Interaksi sosial melalui perdagangan tersebut kemudian menjadi jalan bagi masuknya berbagai agama ke Indonesia, seperti Islam, Hindu, Buddha, Kristen, dan lain-lain yang diakui Indonesia saat ini hanya ada lima agama. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam menjual berbagai komoditas atau hasil bumi seperti kayu cendana, pala, lada, cengkeh, dan hasil perkebunan banyak lagi yang lainnya. Sementara negara-negara lain seperti India dan China menjual berbagai produk barang seperti kain dan tenunan porselen halus,dan lain-lain ke Indonesia bisa dikatakan Indonesia mengimpor dari China

Posisi Geografis Indonesia menyebabkan Indonesia mempunyai karakterisitik khas dan juga menguntungkan seperti dibawah ini :

  1. Letak Indonesia yang berada diantara dua benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan yang baik antara negara-negara di kedua benua tersebut. Posisi geografis membuat dua samudera Inodnesia berada dijalur lalu lintas internasional dan dpat menjadi transit jalur perdagangan dunia. 
  2. Indonesia yang terdiri banyak pulau yang membuat beragam kebudayaan, karena terdiri dari suku, budaya, dan bangsa.
  3. Laut yang sangat begitu luasnya dan garis pantai membuat Indonesia menyimpan berbagai macam hasil laut yang berlimpah seperti ikan, kerang laut, dan serta bahan tambang seperti minyak bumi.
  4. Indonesia dilalui jalur perdagangan Indonesia.
  5. Aadanya pembagian tiga daerah waktu yang berbeda di Indonesia. 
  6. Keragaman anatara Flora dan Fauna. 
  7. Keragaman jenis tanah di Indonesia. 

Kerugian letak Geografis Indonesia Selain posisi geografis Indonesia yang sangat menguntungkan, tetapi ada dampak kerugian dari letak geografis di Indonesia antara lain :

  1. Pencurian ikan yang dapat dilakukan oleh para nelayan dari negara lain, karna sumber daya alam di negara tersebut sangat sedikit dengan cara melewati batas ZEE.
  2. Budaya dari negara lain yang tidak selalu sesuai dengan budaya Indonesia kemudian masuk dan memengaruhi kehidupan budaya bangsa Indonesia, misalnya pergaulan bebas, kesantunan, dan lain-lain
  3. Pengambilan batas wilayah Indonesia yang dilakukan oleh negara tetangga karna  pengawasan di wilayah darat maupun laut kurang dimperketat.
  4. Selain itu, Indonesia juga rentan terhadap masuknya barang-barang terlarang, misalnya narkoba, dan barang-barang selundupan lainnya.
3)      Letak Geologis Indonesia
Letak geologis adalah letak suatu wilayah melihat suatu keadaan geologinya. Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan di Indonesia dapat dikategorikan menjadi 3 daerah, yaitu :
a.       Daerah dangkalan Sunda
b.      Daerah dangkalan Sahul
c.       Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul
Indonesia bagian barat merupakan bagian dari Benua Asia, Indonesia bagian timur merupakan bagian dari Benua Australia, sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan peralihan yang disebut daerah Wallace. Dilihat dari segi jalur pegunungan yang ada, kepulauan Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda. Pegunungan di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania, sedangkan pegunungan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik.
Akibat dari letak geologis Indonesia tersebut adalah:
  1. Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif seperti gunung merapi yang ada di pulau jawa dan banyak di pulau Sumatera.
  2. Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
  3. Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya dalam.
  4. Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral
  5. Wilayah Indonesta termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik
itulah beberapa informasi buat teman-teman tentang letak astronomis dan letak geografis indonesia

Subscribe to receive free email updates: