15 Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Penjelasan Lengkapnya

15 Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Penjelasan Lengkapnya- Teks narasi adalah suatu karangan yang menceritakan maupun menjelaskan secara lengkap sebuah kejadian  kejadian atau berbgai macam peristiwa yang berdasarkan urutan waktu. Peristiwa dalam sebuah teks narasi sendiri bisa saja benar benar terjadi maupun hanya sebuah imajinasi atau khayalan.

Pengalaman dalam membaca paragraf ataupun dalam teks narasi dapat dengan mudah teman teman rasakan melalui berbagai  macam karya tulis berbentuk cerpen (cerita pendek), cerita singkat, novel, hingga sebuah biografi. Dalam penggunaan gaya narasi dalam teks maupun paragraf dapat teman teman identifikasi dengan cara memperhatikan, melihat faktor faktor tertentu terutama alur cerita teks narasi tersebut. Baik teks maupun paragraf narasi akan memiliki alur cerita berbentuk kronologis kejadian dan disusun menggunakan urutan berdasarkan gaya bahasa seperti pada cerita atau dongeng fiksi.

Baik Contoh Paragraf Narasi Singkat maupun contoh paragraf fantasi dapat teman teman temukan dengan sangat mudah dalam kehidupan sehari hari dalam kehidupan. Contohnya narasi tersebut dapat berada pada cerita pendek (cerpen) singkat yang sering kita baca untuk mengisi waktu luang dan senggang, hingga berbentuk novel dengan cerita yang panjang. Kategori dan tema dalam contoh narasi ini juga ada bermacam macam. ada yang yang memiliki tema  lingkungan, dongeng, pendidikan,  fantasi, dan sebagainya. Namun umumnya contoh teks narasi ini akan membahas pengalaman pribadi seseorang.

Sama seperti teks pada umumnya, baik teks maupun paragraf narasi ini memiliki struktur, kaidah kebahasaan atau juga ciri ciri untuk dapat  membedakan teks narasi dengan teks lainnya. Adapun struktur teks narasi adalah sebagai berikut:


  1. Orientasi (pengenalan): berisi paragraf yang memperkenalkan tokoh tokoh yang akan muncul dalam cerita, latar peristiwa, cuplikan dari alur cerita dan unsur lainnya.
  2. Awal permasalahan: bagian dimana terdapat permasalahan yang akan merujuk pada sebuah pertikaian.
  3. Klimaks: Klimaks merupakan bagian dimana permasalahan mulai memuncak. Dalam paragraf narasi, klimaks biasanya berisi rentetan konflik yang menjadi ilustrasi.
  4. Antiklimaks: Bagian ini merupakan bagian ending dimana permasalahan sudah terpecahkan dan terselesaikan.
Contoh Paragraf Narasi Singkat

Udah mulai ada bayangankan mengenai pengertian teks narasi ? Jadi teks narasi tidak hanya berasal dari kejadian nyata saja, akan tetapi bisa diambil dari cerita yang bersifat fiksi atau khayalan seperti pada roman, novel, cerpen, drama, dan biografi.

Jenis Jenis Teks Narasi

Karangan Narasi terbagi ke dalam beberapa jenis. Berikut adalah pembagiannya :
Contoh Paragraf Narasi Singkat
  1. Narasi Informatif. Narasi informatif merupakan sebuah narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang.
  2. Narasi Ekspositorik. Pengertian dari Narasi Ekspositorik adalah narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang. Dalam jenis narasi yang satu ini, penulis menceritakan suatu peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya. Pelaku yang ditonjolkan dalam karangan tersebut biasanya hanya terdiri dari satu orang. Pelaku yang diceritakan mulai dari kecil sampai saat suatu karangan diceritakan atau sampai terakhir dalam kehidupannya. Karangan narasi ini diwarnai oleh eksposisi, maka ketentuan eksposisi juga berlaku pada penulisan narasi ekspositorik.Ketentuan atau aturan dari penulisan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsursugestif atau bersifat objektif.
  3. Narasi Artistik. Pada Narasi artistik biasanya berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat.Ketentuan dan aturan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsur sugestif atau bersifat objektif.
  4. Narasi Sugestif Narasi sugestif adalah sebuah karangan yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat.
Contoh Paragraf Narasi Singkat
Langkah-langkah Penulisan Karangan Narasi

  1. Menentukan tema atau pesan yang ingin disampaikan
  2. Menentukan sasaran pembaca
  3. Merancang atau membuat skema tentang peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam karangan
  4. Bagi peristiwa tersebut dalam bagian awal, perkembangan dan bagian akhir cerita
  5. Merincikan detail cerita atau menambahkan peristiwa pendukung ke dalam karangan
  6. Menyusun tokoh, perwatakan, latar, dan sudut pandang
  7. Mengatur tanda baca yang tepat dalam karangan
Contoh Paragraf Narasi Singkat

Ciri-ciri Narasi
Ciri atau karakteristik dari Narasi menurut Atar Semi ( 2003 : 31 ) yakni :

  • Berdasarkan konfiks, karena tanpa konfiks biasanya narasi tidak menarik.
  • Berupa cerita tentang peristiwa atau pengalaman penulis.
  • Kejadian atau peristiwa yang disampaikan berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, dapat berupa semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya.
  • Memiliki nilai estetika.
  • Menekankan susunan secara kronologis.

Tujuan Penulisan Teks Narasi
Penulisan karangan Narasi memiliki beberapa tujuan, tujuan paling dasar dari penulisan teks narasi adalah :

  1. Memberikan suatu informasi atau wawasan dan memperluas pengetahuan
  2. Memberikan hibura atau entertain
  3. Memberikan pengalaman estetis kepada pembaca

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Harimau Dan Gajah


contoh paragraf narasi

Remy adalah seekor hariamau  kecil  dan memiliki sifat periang, ia tinggal bersama dengan pamanya setiap pagi remy dan pamanya akan pergi ke hutan untuk mencari makanan. Paman Remy yang bernama Ketsi adalah harimau yang besar dan memiliki sifat berburu mangsa yang hebat. Pada suatu pagi Remy dan pamanya pergi ke sebuah hutan untuk mencarai makanan, lama waktu berjalan mereka berdua tidak juga menemui mangsa untuk dijadikan sarapan. Raut wajah Remy mulai terlihat pucat dan ia terlihat sangat lesu. Sambil menunggu pamannya berburu remy sesekali menghitung dedaunan yang jatuh dari pohon jati. Taka lam menunggu paman Remy pulang dengan membawa mangsa yaitu seekor Kijang, ia pun terlihat senang dengan kehadiran pamanya tersebut dengan riang hati Remy langsung berkata “ Paman dapat dari mana kijang itu, ia terlihat besar dan sangat enak” Ketsi pun menjawab “ aku menemukan dia sendiri di hutan sepertia ia terlepas dari kawanannya”. Dengan lahapnya Remy dan Ketsi mulai memakan si kijang itu, akhirnya mereka merasa kenyang dan tidak mampu untuk berjalan lagi, setelah beberapa waktu kemudian mereka tertidur dengan lelapnya. Remy pun bermimpi, dalam mimpi tersebut remy berlari sekuat tenaga untuk mengejar seekor kerbau, akan tetapi kerbau itu lari lebih kencang dari pada remy. Contoh Paragraf Narasi SingkatTidak disangka matahai mulai terbenam Remy membangunkan pamanya yang sedang tertidur lelap dibawah pohon untuk pulang kerumah. Sampai dirumah Remy menceritakan ke pamanya tentang mimpi yang barusan ia alami, pamannya pun menjelaskan bahwa sebenernya Remy sudah siap untuk berburu. Keesokan harinya hujan mulai datang ditemani dengan angina yang bertiap dengan kencangnya. Setelah beberapa saat menunggu hujan pun mulai reda, remy dan pamannya bergegas menuju hutan untuk berburu. Saat di perjalanan mereka berdua melihat kawanan gajah yang sedang menyebrang dari sebuah sungai “ ayo paman kita tangkap mereka” kata Remy. “Hahahaha.. jika kita menangkap mereka bisa jadi kita yang menjadi sarapan mereka” saut ketsi. 

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Mereka berdua melanjutkan kembali perjalanan ke dalam hutan, kali ini Remy meminta ke pamannya agar ia bisa ikut pamannya berburu, pamanya pun mengatakan “ jika kau ikut berburu kau harus siap berlari dan mencengkram”, “siap akan ku lakukan paman” kata Remy. Tidak disangka mereka berdua bertemu dengan seekor gajah kecil, gajah kecil itu terlihat kebingungan, Remy meminta paman untuk tidak memburu gajah kecil itu, mereka berdua memutuskan untuk berjalan mendekati gajah kecil. Tampaknya gajah kecil itu mulai merasa ketakutan karena melihat mereka berdua. “ Jangan takut ! kami tidak akan memburu mu !” teriak remy. Gajah kecil itu tetap berlari, dengan sekuat tenaga, remy mencoba untuk mengejar gajah kecil itu, sampai di ujung Tebing gajah kecil itu tidak bisa lari kemana mana, Remy yakankian bahwa ia tidak akan membunuh gajah kecil itu. “Siapa nama mu, namaku Remy?” , “namaku Chiko” kata gajah kecil itu, “kenapa kamu sendiri dimana teman temanmu yang lainnya”, kata remy , “aku terpisah dengan ibu dan ayahku dan juga teman temanku aku tidak tahu jalan pulang”, “Baiklah ikut aku, aku akan membantumu mencari kedua orang tua mu” mereka berdua kembali kedalam hutan dan bertemu paman Remy, “jangan takut chiko paman tidak akan membunuhmu”… setelah beberapa saat kemudia Remy, Ketsi dan Chiko bertemu dengan gerombolan gajah dan ternyata gerombolan gajah tadi adalah gajah yang mereka lihat di pagi hari. Remy dan chiko pun bersahabat

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Luna
Suatu pagi Pergilah Luna ke sebuah pasar tradisional dengan  menggunakan sepeda barunya, sesampainya di pasar  kemudian Luna membeli kebutuhan kebutuhan hidupnya bersama dengan sang Ibu yang mulai sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda barunya. Selama di perjanalanan ia dan sang ibu berbincang bincang mengenai keadaan pasar, Luna bertanya " Ibu kenapa pasar di daerah ini begitu bersih tidak sama dengan pasar yang berada di desa sebelah", "Iya nak benar pasar di daerah kita memang terkenal dengan pasar paling bersih dibandingkan dengan pasar pasar lainnya karena penjual dan pembeli yang ada di pasar ini sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan" balas sang ibu.
Contoh diatas menceritakan peristiwa Luna yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Ingin Menjadi Superhero

contoh paragraf narasi     






Di sebuah kota yang begitu maju, hiduplah seorang anak laki-laki yang ingin menjadi superhero. Pada suatu hari yang cerah angin bertiup dengan semilir  ia menolong seorang anak kecil yang akan diculik oleh orang orang jahat untuk dijadikan sebagai tawanan, ia kewalahan dalam menyerang orang orang itu (penjahat) tersebut akan tetapi pada akhirnya ia berhasil menang dengan kerja keras dan pantang menyerah. Karena semakin bersemangat menjadi seorang superhero ia berlatih setiap sore di sebuah danau dengan melakukan 200 kali push up, 200 kali squat jump, 340 kali sit up dan lari sejauh  4 KM setiap harinya.  dan setelah beberapa tahun ia berlatih pada akhirnya dia bisa menjadi orang yang sangat kuat.
Cerita diatas mengisahkan seorang pemuda yang terobsesi menjadi superhero yang kuat setelah menolong seorang anak kecil yang hendak diculik oleh penjahat. Setelah melewati latihan yang keras, pada akhirnya ia berhasil menjadi orang yang sangat kuat untuk menjadi superhero.

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Anna mencari buah apel di hutan
Pada suatu pagi yang sangat cerah burung burung berkicau dengan merdunya, hiduplah seorang gadis cantik hidup seorang diri karena ditinggal oleh ayah dan ibunya yang meninggal ketika ia masih kecil. Pada suatu saat Anna pergi ke sebuah hutan untuk mencari apel di hutan, dalam mencari apel tersebut Anna tidak sendirian ia ditemani oleh satu satunya teman yang ia miliki yang bernama Cristof. Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, ia mendengar suara-suara hewan yang nyaring. Namun ia takut karena itu pengalaman pertamanya untuk mencari apel di hutan. Akan tetapi rasa takut itu hilang karena Cristof dapat meyakinkan Anna agar tetap tenang
Cerita diatas mengisahkan Anna yang baru pertama kali Apel di hutan bersama temannya, karena merasa asing dengan suasana hutan ia jadi merasa takut.

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Sonia dan Deas
Di sebuah hutan terpencil, hiduplah dua orang anak kembar yang berwajah cantik yang bernama Sonia dan Deas. Mereka tinggal di sebuah rumah dan didalam memenuhi kebutuhan keseharian mereka selalu berburu binatang untuk dimakan. Setelah beberapa hari kemudian, kedua Sonia dan Deas tersebut ditemukan oleh saudagar kaya raya yang kebetulan sedang ingin mencari apel juga di dalam hutan. Sonia dan Deas pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai anak angkatnya disana kebutuhan mereka selalu tercukupi apapun yang mereka inginkan selalu dipenuhi oleh ayah angkat mereka
Contoh diatas menceritakan 2 orang anak kembar yang hidup di tengah hutan, Saat mereka berburu di hutan mereka bertemu dengan saudagar kaya yang kebetulan sedang berburu. Akhirnya mereka kerumah saudagar dan dijadikan anak angkatnya.

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Kios ku Harapanku
Pada hari serasa Selasa menjadi hari yang sangat berat bagiku, pada pagi itu sinar matahari bersinar dengan ceraahnya, Pak Joni bangun pagi pagi buta untuk pergi ke pasar untuk berdang. Semua dagangan sudah siap untuk dijual, barang barang yang di jual pak Joni adalh sayur sayuran dan buah buahan. Ia pergi ke pasar di teman seekor anjing peliharaannya, setelah sampai di pasar ia membuka kios temapt ia berjualan. Pak Joni seketika terkejut karena melihat kiosnya berantakan barang barang tidak tertata dengan rapi. Setelah beberapa saaat ia mememeriksa barang ternyata ada beberpa dagangan yang di curi oleh penjahat, ia pun segera melaporkan keadaan kiosnya ke kantor polisi. Setelah polisi datang dan memeriksa olah TKP, beberpa saat kemudian polisi berhasil menangkap sang pelaku

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Ulang tahun Angelo
Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Angelo, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah mulai curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya kepadanya. Benar saja, saat pulang sekolah tiba, teman teman Angelo memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya. Selain kue yang didapat dari teman temanya Angelo pun mendapat beberap hadia dan kartu ucapan dari sahabat sahabat yang ia sayangi
Menceritakan Angelo yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun sebelumnya ia sudah menduganya karena sikap teman-temannya yang akhir-akhir ini berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar saja dugaan Angelo.

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Novel Habibie dan Ainun
Novel Habibie dan Ainun menceritakan tentang romantika kehidupan cinta Habibie dan Ainun, cinta sejati antara Habibie untuk Ainun yang memberikan semangat serta motivasi dalam keberhasilan seorang Habibie yang tak lain adalah suami tercinta Ainun.
Sala satu jenis paragraf Narasi sugesti dimana menceritakan kisah Habibie Ainun dalam Novel terkenalnya.

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Insinyur Soekarno
Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan Indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 Desember 1931.
Beliau dibebaskan dan kemudian bergabung dengan Partindo namun untuk yang kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke Bengkulu.
Setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, beliau bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Hari minggu yang melelahkan
Sekarang adalah tanggal 12 Juli 2016, aku dan keluragaku sudah merencanakan untuk berlibur ke sebuah pantai di daerah Gunung kidul dari beberapa bulan sebelumnya. Barang barang pribadiku telah aku persiapkan H - 7 hari sebelumnya, aku tidak sabar untuk segera berangkat ke pantai. Selama di perjalanan aku dan adiku bernyanyi dengan riangnya, waktu yang kami tempuh kurang lebih selama 7 Jam perjalanan. Sampailah kami di lokasi pantai tempatnya pantai Drini. Pemandangan disana begitu indah, ombak begitu indah kami pun memutuskan untuk berenang disana sedangkan ibu dan ayah pergi untuk membeli minuman. Kami berada di pantai kurang lebih selama 3 jam. Setelah itu kami pergi ke rumah nenek yang tidak jauh dari sana tepatnya di daerah Yogyagarta. Perjalanan kali ini sangat melelhakan tetapi juga kami meras sangat puas dan senang

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Sekolahku yang ku cinta
Di sekolah ku, dikelilingi oleh berbagai macam tanaman berupa bunga bunga seperti mawar putih dan mawar merah. Seluruh taman taman kelas juga dihiasi oleh bunga berwarna warni. Begitu pula dengan kelas kami , kelas tempat kami belajar di penuhi oleh lapisan cat berwarna putih serta ukiran ukiran tangan siswa yang mengiasi mading kelas terlihat sangat menarik sekali. Sekolahku ini sangat bersih dan tertata rapi tidak ada sampah yang berserakan, di setiap sudut kelas pasti terdapt tempat sampah
Sambil menikmati keindahan mading, siswa siswi juga tengah asik membaca dan belajar di taman digital.

11 Hari ini adalah hari pertama Faris bersekolah di SMAN 4 Semarang. Ia bangun pukul 4.00 WIB, satu jam lebih awal dari biasanya. Ia segera ke kamar mandi. Salat Subuh ia lakukan tepat setelah azan selesai berkumandang.
Pakaian seragam baru yang telah ia siapkan dari kemarin malam, dipakainya dengan rapi. Meskipun tidak biasa, ia mencoba sarapan pagi. Tepat pukul 6.00, ia berpamitan kepada kedua orang tuanya kemudian berangkat dengan harapan dan semangat baru.
Contoh Paragraf Narasi Singkat
Paragraf di atas menceritakan kegiatan yang dilakukan Faris
pada hari pertama masuk sekolah di SMA. Kalimat pertama berfungsi sebagai pengantar, untuk menggambarkan konteks terjadinya kegiatan atau peristiwa yang dilakukan Faris. Enam kalimat selanjutnya merupakan gambaran enam kegiatan yang dilakukan Faris, yaitu bangun, mandi, salat, berpakaian, sarapan, dan pamit pergi.

Budi meletakkan buku catatannya di atas meja belajarnya, ketika itu dia lagi membuat PR matematika saat terdengar nada SMS dari HP-nya. Diliriknya jam dinding yang bertengger di tembok kamarnya mengisyaratkan jam setengah sebelas malam. "Siapa yang SMS jam segini?" gumamnya penasaran.

Contoh Paragraf Narasi Singkat
Nasi goreng enak
Nasi goreng memang enak bagiku. Makanan ini merupakan salah satu menu kesukaanku, disandingkan dengan kerupuk udang dan minuman teh hangat yang manis. Selara makanku akan lumayan meninggi. Namun kali ini jadi berbeda. Warung makan Pojok Nikmat di sebalah Minirmarket yang berlogo biru itu, tidak memenuhi kriteria nikmat yang ku punya. Tumben kali ini aku makan tidak selahap biasanya. Kemarin malam ketika pulang kerja, aku mampir karena sudah telat makan malamnya. Kala itu jam sudah menunjuk di angka 10 di tanganku. Langsung saja aku mampir memesan seporsi. Yaaaahh..... Warung Pojok Nikmat, nikmatnya tak senikmat seleraku.


Contoh Paragraf Narasi Singkat
Ingin menjadi kaya
Dua jam sudah aku melihat gambar ini. Brosur yang menjanjikan setiap orang yang pengikuti saran-saran yang tercantum di dalamnya menjadi kaya. Kaya......? Semua orang inginkan itu. Namun, sudah 2 jam aku amati, bagaimana cara brosur ini mengubahku menjadi kaya? Tulisan besar-besar yang menjolok mata itu belum mampu meyakinkanku akan perubahan itu. Akhirnya aku berkesimpulan, seperti Si Punggug Merindukan Bulan , menginginkan sesuatu yang tidak mungkin. Seperti pepatah, Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian; Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian..
Semua harus berproses dari kegagalan-kegagalan menuju sukses. Tidak ada (walau ada tapi tida semua orang), dapat meraih harapan dalam hidupnya dengan mudah


Contoh Paragraf Narasi Singkat
Dokter selamatkan istriku
Senyumnya tampak ganjil, wajahnya dikerutkan dibagian alis. Napasnya halus hampir tak terdengar dari jarak setapak. Raut wajah tabah, tergurat kian menua. Belum pernah sekalipun wajah itu galau, seterguncang sekarang ini. Butir bening terjatuh di garis-garis wajah yang tampak tegas. "Dik... Kamu telah pergi tinggalkan aku sendiri". Terkatup lagi bibir itu, menahan semua kata yang mungkin saja menerobos kesabarannya.

Siang itu, seperti petir menggelegar, mendengar kematian istrinya. Dokter memberi informasi bahwa istrinya tidak dapat diselamatkan. Karena terlalu banyak kehabisan darah dalam perjalan menuju rumah sakit.

"Aku sudah melarangmu ikut", terhela napas panjang melepas beban dan guncangan di dada. Bibirnya dikatupkan lagi, dengan gemetar bibir-bibir itu menahan lajunya luapan emosi verbalnya.

Tadi aku mampir ke minimarket membelikanmu ini. Semoga kamu sudi menerimanya. Aku tidak tahu apa yang aku berikan di hari ulang tahunmu. Aku lagi tidak punya uang yang cukup.hari ini 17 Agustus 2015 adalah ulang tahunmu yang ke 15, Sinta. Aku ucapkan semoga kamu bahagia hari ini dan senantiasa sehat.


Contoh Paragraf Narasi Singkat
KKN Seru dan Asik
Namaku adalah bella salah satu mahasiswi dari salah satu unversitas negeri di Indonesia. Saat itu aku memasuki semester 6, dan dari pihak kampus mewajibkan mahasiswa semester 6 untuk melakukan KKN, aku pun mendaftar untuk KKN di Boyolali setelah beberpa hari kemudian hasil penempatanpun di umumkan, aku terkejut karena aku di tempatkan di lain. Aku pun tidak merasa keberatan karena aku bertemu dengan teman teman baru yang belum aku jumpai sebelumnya. Selama kegiatan KKN kami mendapat pengelaman dan ilmu baru yang sangat berguna.

Semoga artikel tentang Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Penjelasan Lengkapnya bagi teman teman yang membca artikel ini



Subscribe to receive free email updates: