Contoh cerpen singkat tentang persahabatan Dilan dan Milea

Contoh Cerpen Singkat tentang persahabatan Dilan dan Milea- cerpen persahabatan adalah cerita pendek yang tidak lebih dari 10000 kata. dibawah ini adalah salah satu cerpen tentang persahabatan


contoh cerpen persahabatan

Dilan adalah anak remaja yang disukai oleh banyak wanita, karena ia memiliki wajah yang tampan. Selain tampan ia juga merupakan orang yang tidak sombong dan senang sekali membantu temanya. Sedangkan Milea adalah remaja perempuan yang cantik dan juga ramah. Mereka berdua sudah sejak lama berteman akrab. Saat ini mereka berdua masih duduk dikelas 3 SMA. Di suatu pagi yang berawan mendung, Dilan mengunjungi rumah Milea untuk mengajaknya kesekolah bersama denganya, selama diperjalanan milea tidak terlepas dari sebuah novel yang ia dapat dari Dilan saat hari ulangtahunnya.


contoh cerpen persahabatan
contoh cerpen persahabatan

"Novel itu masih kau simpan saja?"
"iya, aku tidak pernah bosan untuk membaca novel ini" balas Milea
"oya nanti sore ayo ikut aku untuk membeli sebuah novel" tanya Dilan
"maaf lan, sepertinya aku harus pergi bersama kedua orang tuaku, kita cari saja lusa bagaimana? jawab Milea
" yaudah deh, gapapa kalo begitu".

Setelah beberapa saat kemudian, akhirnya mereka berdua sampai di sekolah. Bel bunyi masuk pun berdering. Seorang guru menyruh untuk mengumpulkan tugas yang telah diberikan dari mingggu lalu. Sayangnya Milea lupa untuk membawa tugas yang harusnya dikumpulkan hari ini. "tugas yang bapak berikan minggu lalu harap dikumpulkan dimeja depan, bagi yang tidak membawanya segra berdiri ddidepan"

Wajah Milea terlihat pucat sekali, tanganya gemetaran. Teman temanny maju satu persatu untuk mengumpulkan tugas, hanya tinggal Dilan dan Milea saja yang belum maju. "Dilan, Milea mana tugas kalian, jangan jangan kalian tidak mengerjakan ya ?"

"emmmmmm, sebenarnya........" Suara Milea dengan pelan
"Sebenarnya apa ?" balas guru itu
"ini pak buku Milea saya pinjam, saya lupa belum mengembalikkanya dari kemarin", Dilan berdiri dan maju untuk mengumpulkan buku yang sebenarnya punya Dilan tersebut.

"lalu mana bukumu? " tanya guru itu kepada Dilan.
"maaf pak saya lupa tidak membawanya." balas Dilan
"Seperti yang Bapak katakan, kamu harus berdiri didepan dan nanti temui bapak di ruang guru.

Setelah jam pelajaran tersebut selesai, Milea lantas bertanya kepada Dilan "kenapa kamu melakukan hal itu? aku tidak apa apa jika harus maju kedpan itu memang kesalahanku". "Hahaha, aku tau jika kamu maju nanti muka mu pasti akan pucat, sudahlah gapapa ini bukanlah sbuah masalah bagiku"

Dilan berada di ruang guru sekitar 30 menit. Didepan pintu sudah ada Milea yang menunggunya. "Sudah kuduga aku akan mendapatkan tugas menulis laporan sebanyak 4 kali" (dengan santainya memberitahu Milea. "kau ini masih bisa saja bercanda disaat seperti ini, aku pasti akan mebantumu."

waktu pulang sekolahpun telah tiba, mereka bergegas untuk pulang ke rumah dan mengerjakaan tugas yang diberikan tadi pagi. "maafkan aku Dilan gara-gara aku, kamu jadi dapat hukuman seperti ini", "tenanglah kau seperti tidak mengenalku saja, setiap kali aku ada masalah kamu lah orang pertama yang selalu membantuku". Dengan wajah yang merah Milea terlihat begitu malu atas pujian yang dikatakan  Dilan. Mereka beruda pun mengerjakan tugas tersebut dengan senang tanpa beban dan akhirnya tugas tersebut selesai juga.

keesokan harinya Dilan mengajak Milea untuk membeli sebuah novel, akan tetapi Milea tidak ada di rumah. Dilan pun menunggu didepan rumah Milea kurag lebih 2 jam lamanya. Stelah beberpa saat kemudian Milea datang dengan membawa sebuah kotak. "Dari mana saja kamu Milea? " . "Ini aku ada sesuatu buat kamu Dilan". Dilan pun langsung membuka kotak terebut. Dengan terkejut ternyata kotak yang di bawa Milea tersebut adalah sebuah Novel terbaru. " apa kau menyukainya ? ", "tentu saja aku menyukainya, terimakasih banyak kamu memang sahabat sejatiku", "itu hadiha karna kamu begitu baik kepadaku Dilan"

Unsur Intrinsik Cerpen
Tema : persahabatan
Tokoh : Dilan, Milea, Seorang guru
Penokohan : Dilan (selalu menolong teman, setia kawan), Milea (baik hati dan tau berterimakasih)
Alur : Maju
Suasana : Mengharukan
Tempat : rumah Milea, Sekolah
Sudut pandang : Orang pertama
Amanat : kita harusa saling mambantu teman jika teman kita lagi terkena musibah, dan jangan lupa untuk berterima kasih

itulah contoh cerpen persabatan berserta unsur Intrinsiknya semoga bermanfaat buat teman teman

Subscribe to receive free email updates: