Pengertian interaksi sosial, Syarat, Ciri-ciri dan Faktor

Pengertian interaksi sosial, Syarat, Ciri-ciri dan Faktor Interaksi Sosial - Oke kali ini penulis akan membahas lebih dalam mengenai Interaksi Sosial, yang didalamnya akan membahas mengenai pengertian interaksi sosial, syarat, ciri-ciri dan faktor yang mempengaruhi adanya interaksi sosial dimasyarakat.
Pengertian interaksi sosial, Syarat, Ciri-ciri dan Faktor
Pengertian interaksi sosial, Syarat, Ciri-ciri dan Faktor
interaksi sosial yaitu suatu hubungan yang menyebabkan timbal balik anatara beberapa orang atau lebih didalam suatu kelompok masyarakat, diamana setiap anggota kelompok memiliki peran aktif dan terlibat langsung didalamnya. Didalam sebuah interaksi sosial tidak hanya terjadi sebuah huubungan antar anggota yang terlibat melainkan anggota kelompok tersebut salaing memperngaruhi.
berikut ini adalah pengertian interaksi sosial menurut para Ahli sebelum syarat :
a)       Pengertian Interaksi sosial menurut Bonner (dalam Ali, 2004) merupakan suatu hubungan antara beberapa oarang atau lebih individu, dimana perliku individu mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain
b)       Menurut Homans (dalam Ali, 2004: 87) menjelaskan bahwa interaksi sebagai suatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi imbalan atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh individu lain yang menjadi pasangannya. Konsep yang dikemukakan oleh Homans ini mengandung pengertian bahwa interaksi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam interaksi merupakan suatu stimulus bagi tindakan individu lain yang menjadi pasangannya.
c)       Pengertian Interaksi Sosial Menurut Homans ( dalam Ali, 2004: 87) mendefinisikan interaksi sebagai suatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh individu lain yang menjadi pasangannya. Konsep yang dikemukakan oleh Homans ini mengandung pengertian bahwa interaksi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam interaksi merupakan suatu stimulus bagi tindakan individu lain yang menjadi pasangannya.
2.      Sebelum membahas Faktor kita bahas Syarat  Interaksi Sosial
Setelah membahas mengenahi pengertian interaksi sosial maka terbentuklah interaksi sosial didalam masyarakat akan terbentuk apabila memenuhi beberapa halberikut ini, yaitu :
a)      adanya kontak sosial. kontak sosial pada awalnya terjadinya karena adanya suatu hubungan antara pihak-pihak yang saling berinteraksi satu dengan lainnya sehingga terbentuklah interaksi sosial, dan masing - masing pihak akan saling bereaksi karena adanya interaksi sosial meski tidak harus melakukan kontak secara fisik.
b)   Komunikasi. Komunikasi yang berarti berhubungan atau melakukan kegiatan tukar informasi dengan orang lain. Didalam suatu kehidupan masyarakat, untuk saling berukar informasi maupun untuk melangsungkan kehidupan, manusia akan selalu melakukan kegiatan komunikasi baik komunikasi langsung maupun komunikasi tidak langsung. Dengan adanya komunikasi ini maka dalam melakukan suatu kegiatan yang dimasyarakat dalam hal ini interaksi sosial maka akan mudah untuk diteliti jika terjadi suatu kendala didalam lingkungan bermasyarakat. 
3.    sebelum membahas faktor kita bahas  ciri-ciri interaksi sosial
Setelah membahas pengertian interaksi sosial dan syarat maka selanjutnya 
manusia melakukan interaksi sosial sebagai anggota dalam masyarakat pada hakikatnya memeliki beberapa ciri-ciri yang menonjol diantaranya sebagai berikut:
a)        jumlah pelaku lebih dari satu orang, maksudnya terbentuknya interaksi sosial haruslah terdiri minimal dua orang yang melakukan suatu hubungan.
b)     yang kedua terjadi komunikasi dianata pelaku-pelaku dengan menggunakan simbol-simbol tertentu, maksudnya dalam kegiatan interaksi sosial maka akan terjadi sebuah proses saling tukar menukar informasi atau biasa dikenal dengan suatu proses komunikasi antar pihak-pihak yang salaing berhubungan dengan menngunakan suah simbol atau syarat yang mempunyai arti dan dapat dimengerti dalam suatu proses komunikasi dimasyarakat.
c)        yang ketiga terdapat dimensi waktu (masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang) dimana yang menentukan sifat aksi atau suatu peristiwa yang sedang berlangsung dimasyarakat, maksudnya dalam proses interaksi sosial yang terjadi dimana masyarakat akan selalu dibatasi oleh sebuah dimensi waktu, oleh sebab itu dalam menentukan sifat aksi yang sedang dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam suatu interaksi sosial.
d)     yang keempat terdapat tujuan tujuan tertentu, didalam sebuah interaksi sosialyang terjadi didalam suatu lingkungan masyarakat, setiap anggota kelompok dalam masyarakat itu sendiri pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin mereka capai. Pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi terbut akan berusaha mencpai tujuan mereka baik berupa untuk menggeli informasi atau hanya sekedar saling menyapa dalam berkomunikasi
Menurut Tim Sosiologi (2002), ada empat ciri-ciri interaksi sosial, antara lain (p. 23) :
a.  Jumlah pelakunya lebih dari satu orang
b. Terjadinya komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosial
c. Mempunyai maksud atau tujuan yang jelas
d. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
setelah membahas penegertian interaksi sosial, dan ciri-ciri maka selanjutnya
4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial
Setelah membahas pengertian interaksi sosial, syarat, dan ciri-ciri selanjutnya adalah membahas 
adanya suatu proses interaksi akan didasari pada beberapa dibawah ini:
a)        Faktor Sugesti. Sugesti adalah pemberian pengaruh yang dialkukan oleh seseorang kepada orang lain untuk melakukan suatu tindakan diaman orang yang dipengaruhi akan melakukan tindakan tersebut sesuai dengan orang yang memberikan perintah tanpa pikir panjang dalam melakukan kegiatan atau perintah tersebut. Pahami terlebih dahulu pengertian interaksi sosial,syarat dan ciri-ciri. Sesorang yang biasa memberikan sugesti adalah orang yang biasanya memiliki wibawa tinggi dimasyarakat, atau mempunyai pengaruh yang cukup besar bisa juga sesorang yang terkenal di lingkungan masyarakat. contoh adanya sugesti: seoarang bintang film atau artis mengiklankan sebuah produk kosmetik kecantikan yang di import dari luar negeri dengan harga yang relatif mahal, maka secara tidak langsung masyarakat akan tersugesti untuk membeli produk kosmetik tersebut yang berasal dari luar negeri dengan harga yang relatif mahal
b)       Faktor imitasi adalah suatu usaha atau tindakan dimana seseorang akan meniru pola perilaku orang lain yang mereka anggap sebagai idola mereka. Imitasi ini pertama kali akan muncul atau terjadi dalam sosialisi keluarga. pengertian interaksi sosial,syarat dan ciri-ciri. Contoh imitasi yang dialakukan dikeluarga adalah anak akan meniru pola perilkau orang tuanya seperti cara berpaikan dan berbiccara. Selain dilingkungan keluarga, dampak imitasi juga besara apabila anak telah memasuki lingkungan sekolah karena cenderung menghabiskan waktu disekolah dengan bersosialisasi dengan teman temannya
c)       Faktor identifikasi yaitu usaha diaman seseorang memiliki kecenderungan dan keinginan yang kuat untuk menjadi sama dengan orang lain. Identifikasi ini mengakibatkan adanya pengaruh yang lebih besar dari pada sugesti dan imitasi karena mereka melakukan keusaha identifikasi dengan sadar. Pahami pengertian interaksi sosial, syarat dan ciri-ciri Contoh tindakan imitasi adalah adanya seorang pengagum artis sinetron akan membuat para fansnya akan meniru gaya rambut, gaya berpakaian artis tersebut dengan menganggap bahwa dirinya sama dengan aktris tersebut
d)       Faktor Simpati adalah ketika seseorang merasa tertarik kepada orang lain. Simpati ini identik apabila seseorang sedang mengalami keadaan-keadaan tertentu, maksudnya seseorang akan memberikan perhatian lebih kepada orang jika orang tersebut telah mencapai suatu hal misalnya lulus ujian dengan hasil yang memuaskan, peringatan ulang tahun
e)    Faktor Empati yaitu keadaan perasaan seseorang yang ikut menjiwai keadaan orang lain, seseorang tersebut intinya benar-benar ikut larut merasakan yang orang lain rasakan. Sepintas Empati dan simpati bisa dikatakan mirip, akan tetapi Empati jauh lebih mendalami dari pada simpati itu sendiri. Pahami pengertian interaksi sosial, syarat dan ciri-ciri Contoh Empati adalah pada tahun 2004 terjadi bencana alam Tsunami di Aceh, masyarakat di luar wilayah Aceh juga ikut larut dan merasakan empati terhadap kondisi di Aceh saat itu.
f)    Faktor Motivasi adalah rangsangan, dorongan, pengaruh, maupun stimulus yang ditujukan kepada seorang individu kepada individu lain dan oarang yang diberikan motivasi tersebut akan melaksanakan dan menuruti apa  yang dimotivasikan secara rasional, penuh tanggung jawab dan kritis. Contoh motivasi adalah Seorang motivator memberikan motivasi kepada para pemirsa agar lebih sabar dalam menjalani kehidupan

baca juga: pengertian masalah sosial, faktor dan 18 contohnya
Seiring dengan berjalanya waktu interaksi sosial terkadang tidak berjalan sesuai rencana, adanya kontak sosial yang dimasyarakat kadang-kadang akan sesuai dengan apa yang kita inginkan tetapi disuatu keadaan tertentu justru interaksi sosial tersebut mengalami gangguan atau bahkan terhenti apabila terjadi keadan seperti itu maka interaksi tidak akan lagi bermanfaat dan bisa saja tidak mendatangkan keuntungan
semoga bermanfaat !

Subscribe to receive free email updates: