Penyebab dan Faktor-faktor terbentuknya kelompok sosial

Penyebab dan Faktor-faktor terbentuknya kelompok sosial- proses terbentuknya kelompok sosial berawal dari kebutuhan mendasar manusia untuk saling berinteraksi. Setalah terjalin interaksi, terbentuk pola-pola interaksi yang bisa dipahami oleh semua anggota yang salng bernteraksi. Dari pola-pola interaksi tersebut terbentuk kelompok sosial.
penyebab dan faktor terbentuknya kelompok sosial
penyebab dan faktor terbentuknya kelompok sosial

Sifat dasar manusia untuk saling berinteraksi seperti hasrat bergaul, memberi tahu, meniru, berjuang, dan bersama menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk sosial (zoon politicon). Naluri manusia untuk hidup dengan orang lain disebut gregariousness. Naluri gregariousness mendorong manusia untuk membentuk dan bergabung dalam suatu kelompok sosial tertentu. Sebelum kita membahas faktor-faktor terbentuknya kelompok sosial kita bahas dulu penyebab terbentuknya kelompok sosial.

 

Penyebab terbentuknya kelompok sosial tersebut sebagai berikut.


a. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang pertama adalah dorongan untuk mempertahankan hidup.
    Dorongan membentuk atau bergabung dalam kelompok sosial yang telah ada, secara tidak langsung manusia berusaha mempertahankan hidupnya. Hal ini karena kebutuhan hidupnya tidak mungkin akan terpenuhi dengan menyendiri. Selain itu, dengan adanya kelompok sosial hubungan manusia semakin luas.

b. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang kedua adalah hasrat untuk meneruskan keturunan
    Semua makhluk hidup mempunyai sifat alami sama, yaitu meneruskan keturunan. Dengan kelompok sosial itulah seseorang menemukan pasangannya, membangun keluarga dan meneruskan keturunan. Dengan demikia, dorongan untuk meneruskan keturunan ini dapat tercapai melalui kolompok sosial, yaitu keluarga.

c. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang ketiga adalah keinginan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.
    Pada era modern saat ini manusia dituntuk untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil maksimal. Oleh karena itu, melalui kelompok sosial seseorang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Sebagai contoh dengan adanya pembagian tugas yang jelas hasil pekerjaan akan maksimal.

d. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang keempat adalah pengalaman praktis, intelektual dan emosional
    Pengalaman praktis adalah pengalaman yang didasarkan pada aktivitas yang dilakukan manusia guna memenuhi hasrat dan keinginannya. Pengalaman intelektual adalah pengalaman yang didasarkan pada keterbatasan akal seseorang sehingga memerlukan bimbingan dan arahan manusia lain. Sementara itu, pengalaman emosional adalah pengalaman yang didasarkan pada naluri untuk hidup bersama dengan manusia lain.

e. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang kelima adalah kesamaan kepentingan
   Orang-orang yang memiliki tujuan dan kepentingan sama cenderung mendirikan kelompok yang tetap dan terartur. Faktor-faktor lain seperti keturunan, ciri fsisik dan daerah asal dikesampingkan demi tercapainya tujuan dan kepentingan yang diharapkan.

f. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang keenam adalah kesamaan keturunan
   Ikatan darah atau keturunan merupakan dasar ikatan persaudaraan paling kuat. Keberadaan kelompok berdasarkan kesamaan keturunan dipertahankan melalui perkawinan hingga membentuk suatu ikatan keluarga besar. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila terdapat suatu deas yang pendudukanya mempunyai ikatan darah.

g. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang ketujuh adalah penyebab terbentuknya kelompok sosial yang ketujuh adalah kesamaan daerah
    Masyarakat yang tinggal di suatu daerah cenderung membentuk kelompok sosial yang mantap. interaksi dapat berlangsung dengan intensitas dan frekuensi tingi berkat kedekatan jarak di antatara individu. Dari hasil interaksi umumnya terbentuk kebudayaan yang sama dalam suatu kesatuan kelompok tertorial. Sebagai contoh, kesatuan orang-orang pada suatu rukuntetangga (RT) atau rukun warga (RW). Selain itu, di daerah perantau sering kita temukan kelompok-kelompok sosial yang dibentuk atas dasar kesamaan daerah asal. Munculnya rasa senasib dan seperjuangan di daerah perantau telah memperkuat ikatan dalam kelompok sosial. Contoh bentuk ikatan ini adalah kelompok mahasiswa Pandeglang Banten atau disingkat "Kumandang", kelompok oarang asal Ciamis yang disebut "Wargi Galuh", dan kelompok penduduk Minang yang bernama "persatuan Penduduk Ranah Minang"

h. Penyebab terbentuknya kelompok sosial yang kedelapan adalah kesamaan ciri-ciri fisik.
    Ciri-ciri fisik seperti warna kulit, warna mata, dan rambut merupakan faktor pendorong pembentukan kelompok sosial. Sebagai contoh, organisasi buruh kulit hitam di Amerika Serikat serta Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Papua.
Kelompok sosial dapat terbentuk secara terencana/diinginkan dan dapat terjadi secara kebetulan. Faktor yang memengaruhi terbentuknya kelompok sosial secara terencana, yaitu kesamaan dan kedekatan. Sementara itu proses pemebetukan kelompok   secara kebetulan terjadi misalnya karena kelahiran. Sebagai contoh, seseorang yang terlahir pada keluarga tertentu, ia tidak memiliki pilihan untuk menjadi anggota keluarga tersebut.
Menurut Soerjono Soekanto, manusia memiliki dua hasrat yang dibwa sejak lahir, yaitu hasrat untuk bergabung dengan manusia di sekitarnya dan hasarat untuk menyatu  dengan alam di sekitarnya sebagai bentuk aktualisasi dari diri manusia. Kedua hasrat tersebut merupakan bentukan dari kemampuan manusai dalam berpikir dan merasakan sesuatu. Kondisi ini mendorong manusia  "diapksa" untuk beradaptasi dengan lingkungan masyarakat dan alam.

baca juga : contoh masalah sosial 2017

Dengan terbentuknya kelompok sosial, kebutuhan individu akan terpenuhi melalui kelompoknya. Pembentukan sebuah kelompok dapat diawali dengan adanya persepsi, perasaan atau motivasi dan tujuan yang sama dalam memenuhi  kebutuhannya. Proses pembentukan kelompok sosial dimulai dari adanya perasaan atau persepsi yang sama untuk memnuhi kebutuhan. Dari perasaan ini akan muncul motivasi dalam memnuhi kebutuha, kemudian menentukan tujuan yang sama dan akhirnya terjadi interaksi sehingga terwujud sebuah kelompok.
Ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan pada saat proses pembentukan kelompok di anttaranya sebagai berikut:

a. faktor terbentuknya kelompok sosial yang pertama adalah persepsi
    Persepsi menunjukkan adanya persamaan pandangan serta pembagian kelompok berdasarkan kemampuan inteligensi. Pembagian kelompok diharapkan mempunyai kemampuan yang berimbang, apabila ada anggota yang mempunyai tingkat inteligensi rendah, anggota yang mempunyai tingkat inteligensi tinggi mampu menginduksi anggota yang lain. Dengan demikian, tidak terjadi ketimpangan yang mencolok.

b. faktor terbentuknya kelompok sosial yang kedua adalah interaksi
    interaksi atau hubungan timbal balik antar anggota kelompok merupakan syarat yang penting dalam kelompok. Dengan adanya interaksi atau hubungan timbal balik akan terjadi proses memberi dan menerima ilmu pengetahuan dari satu anggota ke anggota lain. Dengan demikian, transfer ilmu dapat berjalan. Artinya , kebutuhan akan informasi terpenuhi.

c. faktor terbentuknya kelompok sosial yang ketiga adalah motivasi
    Motivasi merupakan tahan pembagian kekuatan yang berimbang sehingga memotivasi anggota kelompok untuk berkompetisi secara sehat dalam mencapai tujuan kelompok. perbedaan kemampuan yang ada pada setiap kelompok juga akan memicu kompetisi internal secara sehat. Dengan demikan, anggota lain akan terpacu akan informasi terpenuhi.

d faktor terbentuknya kelompok sosial yang keempat adalah tujuan
    Tujuan pembentukan kelompok antara lain menyelesaikan tugas-tugas kelompok atau individu-individu dengan menggunakan metode diskusi ataupun kerjasama. Dengan demikian, suatu kelompok memiliki tujan yang sama dengan tujuan anggotanya

e. faktor terbentuknya kelompok sosial yang kelima adalah organisasi
    organisasi dapat mempermudah koordinasi. melalui organisasi penyelesaian masalah kelompok menjadi lebih efektif dan efisien

F faktor terbentuknya kelompok sosial yang keenam adalah kebebasan
   bentuk kebebasan dalam kelompok dapat berupa kebebasan setiap anggota kelompok untuk menyampaikan ide, pendapat, serta ekspresi selama kegiatan. Meskipun demikian kebebasan tetap berada dalam tata aturan yang disepakati kelompok.

itulah beberapa penyebab terbentuknya kelompok sosial dan faktor-faktor terbentuknya kelompok sosial. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua :)

Subscribe to receive free email updates: