Ciri-Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi- Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau pulau besar dan berbagai pulau kecil lainya, dengan tersebarnya berbagai pulau tersebut menyebabkan munculnya berbagai macam budaya yang berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Setiap daerah pasti memilik bahasai daerah yang berbeda-beda. Untuk itu maka perlu adanya bahas kesatuan yaitu bahas Indonesia, dengan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan sebagai pemakaian kata-kata dalam ragam bahasa yang serasi dan selaras dengan sasaran atau tujuannya dan yang terlebih penting lagi adalah mengikuti kaidah bahasa yang baik dan benar sesuai  dengan EYD.  Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada suatu kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal, penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi pilihan atau prioritas utama dalam berbahasa.

Pada teks deskripsi berikut ini menggunakan  beberapa ragam bahasa yang sesuai dengan teks deskripasi. Beberapa ragam bahasa dalam teks deskripsi antara lain kata umum dan kata khusus, kalimat berisi penjelasan mengkonkretkan dan juga penggunaan majas. Berikut ini beberapa ciri penggunaan teks deskripsi.

Kata umum adalah kata – kata yang memiliki makna dan cakupan pemakaian yang lebih luas. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Sedangkan, kata khusus adalah kata – kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit, atau disebut juga dengan hiponim. Penggolongan kata dalam Bahasa Indonesia salah satunya adalah kata umum dan kata khusus. Kata umum atau yang disebut dengan Hipernim merupakan kata yang memiliki makna luas sehingga dapat digunakan dalam cakupan yang lebih luas dalam kalimat. Sedangkan kata khusus atau yang disebut dengan Hiponim merupakan kata yang memiliki makna lebih sempit dan terbatas sehingga cakupan pemakaiannya dalam kalimat terbatas pula Teks deskripsi menggunakan sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek, permai). Carilah kata khusus pada teks deskripsi yang dicontohkan di atas dengan mengisi tabel berikut!
No
Kata Umum
Kata Khusus
1.
Pergi
Angkat kaki, berangkat, bertolak, kabur, lari, menghindar
2.
Menggerakkan
Menepis, menggoyangkan, mengibaskan, menghindar
3.
Bentuk
Aliran, bangun, cara, corak, formasi. format, gaya, karakter, kerangka, konstruksi.
4.
Indah
Cantik, menawan, menakjubkan, bagus, cakap, cantik, elok, kirana, lenteng, menarik, menawan, molek, mulia, permai, rupawan, tampan, ganteng
5.
Melihat
Menengok, menyaksikan, melirik, memandang, memelototi, mengamati, dan memperhatikan, berkedip.
6.
Mencintai
Menaruh hati, mengasihi, menggemari, menyayangi, menyenangi, menyukai,
8.
Membawa
Mengangkat, menjinjing, menggendong, mengangkut, menyeret, membopong, memanggul.

Ciri-ciri kalimat penjelas yaitu berisi penjelasan berupa rincian atau keterangan dan contoh dan lain-lin. Selain itu, kalimat penjelas memiliki arti apabila dihubungkan dengan kalimat-kalimat di dalam paragraf. Kemudian kalimat penjelas sering memerlukan bantuan kata penghubung, baik kata penghubung antar kalimat maupun kata penghubung intra kalimat.  Maka daftarlah kalimat perincian yang menjelaskan kalimat lain yang lebih umum! Lakukan seperti contoh.
No
Kalimat
Kalimat Perincian
1.
Pamanku orang yang sangat baik
Dia akan berusaha menolong semua orang selain itu dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.
2.
Ibuku orang yang penyayang
Waktu itu adikku sedang tidur , aku melihat ibuku mengelus dan membelai rambut adiku dengan halus, dengan suara lembutnya adikku dibacakan dongeng sebelum tidur
3.
Kelinciku manja
Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang.
4.
Suasana pagi hari di Parangtritis sangat
mempesona
Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan angina yang sepoi sepoi menambah indahnya kesejukan pantaidi pagi hari, sinar matahari yang begitu terasa hangat dengan hembusan angina pagi membuat setiap mata berdetak kagum. Pasir putih yang bergitu cantik

Daftarlah semua kalimat yang membuat kamu seakan melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan. Kata mana yang dihapus
Seakan dapat dilihat
Seakan dapat didengar
Seakan dapat dirasakan
kulitnya kuning langsat
pamanku orang yang sangat baik
rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin pagi, membuat setiap mata berdetak kagum
wajahnya teduh dan selalu tersenyum
sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya
namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja
pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia
dia ramah dan tutur katanya lembut
Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam
cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar

mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa
wajahnya teduh dan selalu tersenyum
Majas adalah suatu gaya bahasa yang berbentuk kiasan atau perumpamaan yang digunakan untuk memperindah suatu kalimat baik itu lisan atau pun tertulis dengan memanfaatkan kekayaan bahasa untuk menimbulkan kesan imajinatif bagi penyimak  (pendengar) dan pembicaranya. Teks deskripsi menggunakan majas perbandingan untuk menggambarkan atau melukiskan  suatu objek. Daftarlah majas pada semua teks deskripsi di atas!
No.
Teks
Majas
1.
1
batu karang besar siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.
2.
2
Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
Pasir putih yang bergitu cantik
3.
3
Mukanya selalu bersinar seperti bulan
Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring.
Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja
4.
4
Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari

Subscribe to receive free email updates: